Tips Memilih Tabir Surya bagi Ibu Hamil (Foto: istock)
Tips Memilih Tabir Surya bagi Ibu Hamil (Foto: istock)

Tips Memilih Tabir Surya bagi Ibu Hamil

Rona kehamilan
Raka Lestari • 16 Maret 2019 10:29
Jakarta: Ada banyak hal yang berubah ketika wanita sedang mengandung. Salah satu hal yang berubah selama kehamilan adalah produk yang digunakan pada kulit Anda. Produk perawatan kulit yang cukup banya memiliki miskonsepsi adalah sunscreen atau tabir surya yang Anda gunakan.
 
"Salah satu kesalahan terbesar yang cukup banyak dilakukan adalah anggapan bahwa semua tabir surya aman bagi ibu hamil," ujar  Denis K Dudley, MD, ahli ob-gyn dan founder The Sunscreen Company.
 
"Permeasi adalah fakta yang benar-benar bisa terjadi namun sedikit dokter yang memberi tahu ibu hamil dan menyusui bahwa beberapa zat organik bisa masuk ke dalam darah dan berpindah ke janin."

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ada dua jenis tabir surya yaitu yang berasal dari kimia dan fisik (mineral). Tabir surya kimia mengandung senyawa berbasis karbon, seperti oxybenzone, octinoxate, octisalate dan avobenzone.
 
"Senyawa-senyawa ini menciptakan reaksi kimia dan bekerja dengan mengubah sinar UV menjadi panas, kemudian melepaskan panas itu dari kulit," kata Rhonda Klein, MD, dari Modern Dermatology.
 
Sedangkan tabir surya yang berbahan dasar fisik atau yang biasa disebut tabir surya mineral mengandung bahan mineral aktif seperti titanium dioksida atau zinc oxide. Bahan-bahan tersebut akan menangkal sinar UVA yang dapat merusak kulit.
 
Jika Anda sedang hamil, pilihan teraman Anda adalah tabir surya mineral yang mengandung titanium dioksida atau zinc oxide. "Bahan-bahan tersebut dianggap aman dan masuk ke dalam kategori Generally Recognized as Safe and Effective (GRASE). Sedangkan bahan-bahan lainnya masih memerlukan penelitian lebih lanjut mengenai keamanannya," ujar Dr. Dudley.
 
Jika seorang wanita hamil menggunakan tabir surya kimia yang mengandung oksibenzon, zat tersebut berisiko terserap ke dalam aliran darah, yang dapat berdampak pada janin.  
 
"Bahan-bahan tersebut dapat secara langsung mempengaruhi kesehatan janin, menyebabkan masalah perkembangan dan cacat lahir serta berat badan lahir rendah, penyakit jantung koroner, hipertensi, diabetes tipe 2 dan lainnya," kata Dendy Engelman, MD, seorang ahli bedah kulit di New York.
 
Oleh karena itu para wanita hamil atau menyusui tidak hanya memperhatikan asupan saja baik ketika hamil atau menyusui tetapi juga penting untuk memerhatikan produk-produk apa saja yang digunakan pada kulit Anda.
 

(ELG)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi