NEWSTICKER
    (Konsumsi air dengan kadar yang cukup agar terhindar dari masalah kesehatan. Foto: Pixabay.com)
    (Konsumsi air dengan kadar yang cukup agar terhindar dari masalah kesehatan. Foto: Pixabay.com)

    Dampak Buruk Kelebihan Mengonsumsi Air Mineral

    Rona tips kesehatan
    Dhaifurrakhman Abas • 10 Mei 2019 17:33
    Sebagian besar tubuh manusia terdiri dari cairan. Oleh karena itu kita dianjurkan untuk mengonsumsi air mineral agar cairan tubuh terjaga dalam kadar yang cukup. Yang mesti diingat, jangan sampai kekurangan ataupun kelebihan mengonsumsi air mineral agar terhindar dari pelbagai masalah kesehatan.
     
    Jakarta:
    Mungkin kita sering mendengar seruan untuk mengonsumsi air putih 8 sampai 10 gelas setiap hari. Hal ini dilakukan agar tubuh terhindar dari dehidrasi.
     
    Tapi rasanya belum pernah ada seruan yang meminta kita untuk membatasi jumlah takaran air yang dikonsumsi. Padahal, mengonsumsi air mineral secara berlebihan juga berdampak pada masalah kesehatan tubuh kita. Berikut penjelasannya.

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


    1. Hiponatremia
     
    Mengonsumsi terlalu banyak air mineral bisa mengakibatkan kondisi yang disebut dengan 'hiponatremia'. Ini merupakan kondisi di mana kadar natrium dalam darah turun secara drastis. Jika hal ini terjadi, fungsi tubuh menjadi terganggu dan tidak berfungsi secara optimal.
     
    2. Warna urin berubah
     
    Perubahan warna urin bukan hanya menandakan bahwa tubuh Anda kekurangan cairan. Namun ini juga bisa menjadi petunjuk bahwa tubuh Anda menyimpan cairan yang berlebih.
     
    Kelebihan mengonsumsi air mineral menyebabkan warna urin menjadi jernih. Sebaliknya, urin yang sehat harus berwarna sedikit kekuningan.
     
    3. Mual dan muntah
     
    Kelebihan mengonsumsi air atau overhidrasi memiliki tanda-tanda yang sebenarnya tidak berbeda dengan dehidrasi. Ketika Anda banyak minum air, ginjal Anda tidak dapat menahannya dengan jumlah yang berlebih.
     
    Akibatnya, air mulai mengumpul di seluruh bagian tubuh Anda. Hal Ini selanjutnya dapat menyebabkan infeksi perut, termasuk mual dan juga muntah.
     
    4. Sakit kepala
     
    Terlalu banyak mengonsumsi air mineral juga bisa menyebabkan sakit kepala. Sebab, minum terlalu banyak air membuat beberapa organ tubuh membengkak. Pembengkakan di area kepala membuat saraf di otak tertekan yang mengakibatkan rasa sakit kepala
     
    5. Pembengkakan di bagian tubuh
     
    Gejala lain yang mesti Anda waspadai dari kelebihan mengonsumsi air mineral adalah risiko terjadinya pembengkakan di sekitar wajah dan bagian tubuh Anda. Dengan terlalu banyak mengonsumsi air mineral, tubuh Anda rentan kembung dan mengalami kegemukan.
     
    6. Kram otot
     
    Semakin tinggi jumlah air yang dikonsumsi ternyata juga dapat menurunkan kandungan elektrolit dalam tubuh. Hal ini dapat menyebabkan gejala seperti kram otot yang dapat mengganggu gerakan motorik Anda.
     

     
    (TIN)


    social
    FOLLOW US

    Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

    Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

    unblock notif