Dikupas atau tidak, ketika telur rebus dimasak dalam microwave, kelembapan di dalamnya menciptakan penumpukan uap yang ekstrem. (Foto Ilustrasi: Enrico Mantegazza/Unsplash.com)
Dikupas atau tidak, ketika telur rebus dimasak dalam microwave, kelembapan di dalamnya menciptakan penumpukan uap yang ekstrem. (Foto Ilustrasi: Enrico Mantegazza/Unsplash.com)

Beberapa Makanan yang tak Boleh Dipanaskan Ulang di Microwave

Rona kesehatan
Raka Lestari • 06 Januari 2019 10:45
Jakarta: Memanaskan sisa makanan yang tersisa ke dalam microwave mungkin terlihat sangat mudah. Cuma dipanaskan ke dalam microwave dalam waktu beberapa menit, sisa makanan Anda akan kembali tersaji hangat.

Namun tahukah Anda bahwa ternyata ada beberapa makanan yang sebaiknya tidak dipanaskan kembali dengan menggunakan microwave. Dilansir dari Reader's Digest, berikut ini adalah beberapa makanan yang sebaiknya tidak dipanaskan atau dihangatkan di microwave:

1. Telur Rebus
Dikupas atau tidak, ketika telur rebus dimasak dalam microwave, kelembapan di dalamnya menciptakan penumpukan uap yang ekstrem. Seperti miniatur pressure cooker, sehingga telur bisa meledak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Untuk menghindari kejadian seperti itu, Anda bisa memotong telur menjadi kecil-kecil sebelum dipanaskan, atau lebih baik lagi, hindari memasukkannya ke dalam microwave sama sekali. 2. Air Susu Ibu (ASI)
Untuk cara yang kebih praktis, mungkin beberapa ibu berpikir bahwa menghangatkan ASI yang sudah dibekukan ke dalam microwave merupakan cara termudah. Namun ternyata microwave menghangatkan botol ASI dengan tidak merata. Sehingga menciptakan "hot spot" yang dapat membuat mulut dan kerongkongan bayi terasa terbakar karena terlalu panas.

Selain itu, ada bahaya karsinogen karena plastik yang dipanaskan. FDA merekomendasikan agar ASI dan susu formula dicairkan dan dipanaskan kembali dalam panci di atas kompor, atau menggunakan air panas.

3. Daging Olahan
Daging olahan sering mengandung bahan kimia dan pengawet yang berguna untuk memperpanjang umur simpannya. Sayangnya, menggunakan microwave dapat memperburuk zat-zat itu untuk kesehatan Anda.

Menurut penelitian dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry, dengan memanaskan daging olahan di microwave, kita mungkin secara tidak sengaja terpapar pada perubahan kimia seperti kolesterol teroksidasi dalam proses.

4. Nasi
Menurut Food Standards Agency, memanaskan nasi di microwave dapat menyebabkan keracunan makanan. Sejumlah penelitian mengonfirmasi bahwa begitu nasi keluar dari microwave dan ditinggalkan pada suhu kamar, setiap spora beracun yang dikandungnya dapat berlipat ganda dan menyebabkan keracunan makanan jika Anda memakannya.

5. Sayuran Hijau
Jika Anda ingin menyimpan sayur-sayuran dan berencana untuk memanaskannya kembali, sebaiknya tidak menggunakan microwave. Ketika diletakkan dalam microwave, nitrat yang terbentuk secara alami (yang sangat baik untuk Anda sendiri) dapat dikonversi menjadi nitrosamin, yang bisa bersifat karsinogenik.

Kelezatan Kuliner Khas Sunda



(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi