Cara Memilih Diet yang Tepat (Foto: gettyimages)
Cara Memilih Diet yang Tepat (Foto: gettyimages)

Cara Memilih Diet yang Tepat

Rona diet tips kesehatan
Sunnaholomi Halakrispen • 18 Januari 2019 15:04
Jakarta: Kian hari semakin banyak program diet sehingga mungkin membuat Anda sulit memilihnya. Apalagi, beredar informasi bahwa sebagian besar diet tidak berhasil bekerja dalam jangka panjang.
 
Namun, bagi Anda yang ingin menjalani diet, Anda pasti berupaya mencari tahu cara apa yang tepat. Perlu diingat, cara diet setiap orang berbeda-beda, tergantung kebutuhan dan tekad masing-masing.
 
Cara pertama sebelum memutuskan diet, ketahuilah apa yang membuat Anda ingin diet, karena cara makan setiap orang pun berbeda. Ada yang memilih menjalani diet vegan, ada juga yang memilih diet lainnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kemudian, tanyakan pada diri sendiri terkait beberapa pertanyaan berikut: Seperti apakah diet disertai dengan daftar makanan yang tidak dibolehkan termasuk makanan favorit Anda? Jika benar, sebaiknya Anda menjauhi rencana diet yang melarang banyak makanan pokok seperti yang mengandung karbo, susu, bahkan kacang-lacangan.
 
Lakukanlah diet vegan jika Anda mengandalkan daging, susu, dan telur. Ketika Anda melakukan diet vegan tersebut, mungkin terlihat mudah di awal tetapi lama-kelamaan akan menjadi sulit, melelahkan.
 
Kemudian, apakah Anda mencoba menentukan sensitivitas terhadap makanan yang menggagalkan diet?
 
Namun, akan sulit ketika Anda menghilangkan banyak makanan (dalam list) sekaligus. Anda mungkin ingin mempertimbangkan daftar tersebut untuk menghapusnya satu per satu selama satu minggu, bahkan bisa saja lebih dari itu.
 
Cara lain, Anda bisa memanfaatkan alat khusus penghitung gizi dalam makanan sesuai dengan jurnal makanan harian yang telah Anda pilih. Namun, jika melakukan hal tersebut selama lebih dari satu hari terasa membosankan, rencana itu kemungkinan tidak cocok untuk Anda.
 
Alternatif lain dari rencana diet ialah dengan mengambil sistem diet pribadi. Anda bisa saja mempertimbangkan cara diet dari berbagai sumber, kemudian Anda satukan dan beri modifikasi.
 
Tetapkanlah pola diet yang setiap harinya Anda lebih banyak mengonsumsi protein agar dapat memuaskan rasa lapar Anda lebih lama. Kemudian berhenti makan pada pukul 20.00 WIB untuk membatasi porsi makan malam.
 
Anda juga bisa tidak berhenti mengonsumsi makanan yang mengandung lemak. Lemak baik bisa Anda dapatlan dengan mengonsumsi minyak zaitun dan alpukat. Campuran keduanya pun bisa menjadi alternatif yang membuat makanan atau camilan Anda lebih lezat dan mengenyangkan.
 
Bagaimana pun cara atau pola diet yang Anda lakukan, seharusnya tidak membebani Anda atau menjadikannya seperti hukuman.
 

(ELG)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif