Ilustrasi--Foto: Medcom.id/ K. Yudha Wirakusuma
Ilustrasi--Foto: Medcom.id/ K. Yudha Wirakusuma

Pada Usia Berapa Sebaiknya Bayi Belajar Berenang?

Rona bayi
Raka Lestari • 26 September 2019 06:08
Jakarta: Untuk alasan keamanan, banyak orang tua yang ingin mengajarkan anak-anak mereka berenang sedini mungkin. Mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengajarkan anak-anak berenang mungkin cukup sulit.
 
Namun ternyata, bayi dapat mulai belajar berenang sedini mungkin. Pada umumnya bayi sudah bisa mulai belajar berenang sejak mereka berusia beberapa bulan.
 
"Kami merasa 3,5 - 4 bulan adalah usia termuda bayi bisa mulai belajar berenang. Mungkin bisa dimulai pada usia 4 bulan ketika mereka sudah sedikit lebih kuat," ujar Heidi M. Reiss, instruktur renang prenatal dan co-owner dari AquaBeba. elas Reiss kepada Romper.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bayi dapat mempelajari bagaimana untuk bertahan di dalam air. Bayi memiliki kemampuan survival swimming yang merupakan kemampuan mereka untuk mengambang dan bernapas. Terlepas dari kedalaman airnya, untuk jangka waktu yang tidak terbatas," kata Judy Heumann, direktur Infant Aquatics.
 
Usia tepat di mana anak Anda memulai pelajaran juga akan tergantung pada kecepatan perkembangan anak Anda sendiri. Sebagian besar, bayi berusia sekitar 4 hingga 6 bulan dapat mulai mengambil pelajaran berenang secara profesional.
 
Namun, Anda tidak perlu menunggu selama itu untuk membiasakan anak Anda dengan air. Faktanya, para ahli merekomendasikan untuk membuat bayi Anda merasa nyaman dengan air sejak hari pertama mereka lahir.
 
"Hal terbaik yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu bayi merasa lebih nyaman di sekitar air adalah membiasakan bayi mereka dengan air di wajah mereka ketika waktu mandi," kata Heumann.
 
Dimulai dengan memeras kain di atas kepala mereka ketika mandi pad abayi baru lahir. Kemudian beralih dengan menuangkan secangkir air di atas kepala mereka.
 
"Lakukan hal tersebut dengan tertawa dan cara menyenangkan agar bayi dapat memelajari kemampuan yang paling penting dalam berenang, yaitu kemampuan untuk menahan napas mereka." Maureen Minervini, instruktur PediaSwim merekomendasikan agar latihan tersebut dilakukan setelah tunggul pusar anak Anda sembuh.
 
Mengajari bayi Anda cara berenang membutuhkan waktu dan dedikasi, menurut Reiss orang-orang sering berpikir bahwa mereka dapat belajar dalam satu sesi. Padahal itu membutuhkan waktu bertahun-tahun.
 
"Dan karena manfaat berenang sangat luar biasa, usahakan mengajar anak Anda berenang sedini mungkin," tutupnya.
 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif