Cara agar Bisa Lebih Baik dalam Melakukan Multitasking

Raka Lestari 10 September 2018 16:15 WIB
psikologi
Cara agar Bisa Lebih Baik dalam Melakukan Multitasking
Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa meningkatkan kemampuan Anda melakukan pekerjaan secara multitasking. (Foto: Frankie Cordoba/Unsplash.com)
Jakarta: Melakukan pekerjaan sekaligus dalam satu waktu atau biasa disebut multitasking bisa menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan agar lebih efisien.

Namun terkadang ada beberapa hal yang bisa mengganggu Anda dalam melakukan pekerjaan secara multitasking, entah itu karena gangguan dari orang lain atau karena gangguan dari dalam diri sendiri.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa meningkatkan kemampuan Anda melakukan pekerjaan secara multitasking.


1. Dimulai dari tugas yang paling sulit
Andrew Tillery, direktur pemasaran MAP Communications, menyarankan untuk membuat prioritas mengenai tugas-tugas Anda hari itu untuk lebih memudahkan Anda multitasking.

"Buat daftar yang harus dilakukan pada hari itu di awal hari," katanya. Setelah itu, Anda bisa memberi tanda ceklis pada kegiatan yang sudah Anda selesaikan untuk memberikan perasaan puas pada otak Anda.

(Baca juga: Tak Selalu Baik, Ini Kelemahan Kemampuan Multitasking)


(Andrew Tillery, direktur pemasaran MAP Communications, menyarankan untuk membuat prioritas mengenai tugas-tugas Anda hari itu untuk lebih memudahkan Anda multitasking. Foto: Rawpixel/Unsplash.com)

2. Pilih kegiatan yang harus Anda lakukan dengan bijak
Menurut ahli endokrinologi dan life coach bersertifikat Dr Sasha Nair, salah satu kunci untuk multitasking yang efektif adalah memilih kombinasi tugas yang tepat.

"Jika Anda akan melakukan banyak tugas, usahakan salah satunya bukan merupakan tugas yang berat. Sebagai contoh, Anda bisa mendengarkan musik sambil mencuci piring."

3. Bermain video games
Jika Anda suka menghabiskan waktu luang Anda bermain game atau mencoba aplikasi game terbaru, maka Anda dapat melatih otak Anda untuk bisa lebih efektif dalam multitasking, menurut Dr Jillene Grover Seiver, dosen senior di Bellevue College yang melakukan studi tentang memori dan pengambilan keputusan.

"Jika seseorang ingin meningkatkan kemampuan mereka untuk menyerap lebih banyak informasi sekaligus, bermain video game mungkin membantu," katanya.

4. Menemukan apa yang tepat bagi Anda
Menurut Regina Leeds, seorang professional organizer mengatakan bahwa pada malam hari, setelah semua aktivitas Anda selesai maka Anda bisa menentukan bagaimana cara yang tepat bagi Anda untuk meningkatkan kemampuan Anda dalam multitasking. Dan jika Anda sudah menemukannya, lakukan kegiatan itu setiap hari untuk meningkatkan kemampuan multitasking Anda.





(TIN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id