Berikut adalah beberapa kebiasaan baik yang bisa Anda lakukan agar tidur lebih nyenyak dan berkualitas. (Foto: Vladislav Muslakov/Unsplash.com)
Berikut adalah beberapa kebiasaan baik yang bisa Anda lakukan agar tidur lebih nyenyak dan berkualitas. (Foto: Vladislav Muslakov/Unsplash.com)

Empat Kebiasaan agar Tidur Berkualitas

Rona tidur
Sri Yanti Nainggolan • 07 September 2018 16:15
Jakarta: Tak semua orang memiliki tidur berkualitas setiap malam. Padahal, istirahat berdurasi lama tersebut memengaruhi produktivitas keesokan harinya. 

Berikut adalah beberapa kebiasaan baik yang bisa Anda lakukan agar tidur lebih nyenyak dan berkualitas. 

1. Gunakan diffuser
Diffuser memiliki jumlah manfaat tidur yang luar biasa. Minyak esensial yang diletakkan di dalam diffuser selama bertahun-tahun telah digunakan untuk menyembuhkan insomnia, gangguan tidur, dan mengurangi kecemasan dalam pikiran. Minyak esensial seperti minyak esensial lavender atau valerian adalah alat bantu tidur terbaik. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Lavender menenangkan sistem saraf dengan meringankan pikiran yang didorong kecemasan, menurunkan tekanan darah dan detak jantung. Minyak tersebut, seperti minyak esensial kamomil, secara alami memulai proses tubuh dan pikiran dalam persiapan untuk tidur.
(Biasakan meditasi satu jam sebelum waktu tidur, atau lakukan hal-hal yang membuat Anda lebih rileks. Hal ini dapat membuat tidur Anda lebih nyenyak. Foto: Motoki Tonn/Unsplash.com)

(Baca juga: Meditasi Singkat Berikut Dapat Menekan Rasa Stres)

2. Menyiapkan pakaian dan pakaian olahraga Anda pada malam sebelumnya
Ini adalah cara terbaik untuk mengatasi stres dan kecemasan, yang mengganggu tidur sehingga tidak terburu-buru keesokan harinya. 

Hari yang menyenangkan benar-benar dimulai pada malam sebelumnya. Ini adalah praktik penuh perhatian yang dapat mengubah jalannya hari dan kehidupan dalam jangka panjang.

3. Gunakan alarm alami
Dibandingkan terbangun dengan suara bising dari alarm, cobalah andalkan suara alamiah. Jenis suara yang menenangkan dapat menciptakan hal-hal positif sepanjang hari. 

Gantilah dering alarm dengan suara yang lebih natural. Bunyi alarm yang keras dapat memicu amarah dan bangun dengan suasana hati buruk. 

4. Meditasi
Biasakan meditasi satu jam sebelum waktu tidur, atau lakukan hal-hal yang membuat Anda lebih rileks sehingga pikiran lebih tenang sebelum beristirahat malam. 




(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi