Ini Alasan Mengapa Mengantuk Berlebih Saat Musim Hujan
Suara ritmis yang lambat memiliki efek yang sangat menenangkan di pikiran kita. (Foto: Jack Finnigan/Unsplash.com)
Jakarta: Banyak orang merasa lebih mudah mengantuk saat musim hujan. Hujan lebat dan cuaca mendung membuat kita malas beranjak dari tempat tidur. 

Berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda cenderung lebih malas beraktivitas karena mengantuk melulu menurut terapis tidur Dr Preeti Devnani, seperti dilansir Thehealthsite. 

1. Kurang sinar matahari
Cuaca mendung berarti sedikit cahaya matahari yang didapat. Padahal, sinar matahari mengatur ritme tubuh dan menjaga tubuh tetap selaras dengan lingkungan. Sinar matahari juga mengatur sekresi melatonin, yaitu hormon turun. Ketika terkena sinar matahari, sekresi melatonin dalam tubuh menurun sehingga membantu kita untuk tetap terjaga. 


Di musim hujan, ketika Anda hampir tidak terpapar sinar matahari, melatonin dalam tubuh meningkat sehingga membuat Anda merasa lamban dan mengantuk.

(Baca juga: Mengapa Tidur Meningkatkan (Beberapa) Memori?)


(Banyak orang merasa lebih mudah mengantuk saat musim hujan. Hujan lebat dan cuaca mendung membuat kita malas beranjak dari tempat tidur. Foto: Anjana Menon/Unsplash.com)

2. Kelembapan tinggi
Jumlah uap yang ada di udara tinggi selama musim hujan. Kelembapan yang lebih tinggi membuat tubuh berkeringat dan menimbulkan ketidaknyamanan saat tidur. Akibatnya, Anda menjadi kurang tidur di malam hari dan mengantuk sepanjang hari. Selain itu, kelembapan juga menyebabkan jamur mudah berkembang, terutama dalam ruangan. 

3. Suara hujan yang berirama
Suara ritmis yang lambat memiliki efek yang sangat menenangkan di pikiran kita. Selama musim hujan, suara hujan yang pelan dan tersier jatuh ke tanah menciptakan lingkungan yang menyebabkan tidur, bahkan di siang hari. 

Di sisi lain, suara atau pemicu yang tiba-tiba bisa membuat Anda tersentak dari tidur. Bunyi gemuruh guntur dan kilat yang terjadi pada malam hari juga dapat mengganggu tidur Anda.

4. Konsumsi makanan tinggi lemak
Cuaca mendung cenderung membuat Anda lebih ingin mengonsumsi makanan tinggi lemak dan karbohidrat dan malas beraktivitas. Mengonsumsi lemak menyebabkan kenaikan tiba-tiba sekaligus penurunan kadar gula darah secara mendadak yang menyebabkan serangan energi rendah.






(TIN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id