NEWSTICKER
Ilustrasi-Pexels
Ilustrasi-Pexels

Cara Mencegah Penularan Covid-19 kepada Anak dan Bayi

Rona Virus Korona virus corona covid-19
Raka Lestari • 16 Maret 2020 18:58
Jakarta: Kasus covid-19 ini merupakan hal yang perlu diwaspadai, terutama mengenai penularan pada bayi dan anak-anak. Untuk menghindari penyebaran covid-19 pada bayi dan anak-anak, orang tua harus proaktif untuk melindungi si kecil.
 
Menurut Ketua Umum PP IDAI, DR.Dr. Aman B. Pulungan, Sp. A. (K), FAAP, FRCPI(Hon), kasus ini baru tahap awal dan belum memasuki masa puncak. Ada 90 juta anak di Indonesia, generasi penerus bangsa yang harus kita lindungi.
 
Untuk itu, dr. Aditya Suryansyah, Sp. A(K), dokter spesialis anak dari RSAB Harapan Kita memberikan beberapa tips untuk mencegah penyebaran covid-19 pada anak dan bayi. Pertama adalah dengan menerapkan perilaku hidup bersih sehat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Anak-anak sebaiknya tidak dibawa ke kerumunan atau keramaian. Bila orang tua bekerja atau bepergian dan terekspos keramaian, sesampainya di rumah agar mandi kemudian ganti baju dan cuci tangan,” saran dr. Aditya.
 
Ia juga menyarankan agar anak-anak sebaiknya sementara ini tidak perlu melakukan cium tangan kepada orang yang lebih tua.
 
“Semua orang tua harus hati-hati karena kalau anak sakit, energi orang tua akan habis, berisiko untuk ikut sakit dan sakit sekeluarga,” ujarnya.
 
Anak-anak dan orang tua sendiri merupakan kategori yang paling rentan terkena covid-19 ini karena tingkat imunitas yang rendah dan belum berkembang dengan baik. Oleh karena itu, melakukan beberapa hal tersebut sangat dianjurkan agar anak-anak tidak tertular covid-19.
 

 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif