Olahraga teratur, sekitar 150 menit per minggu atau sekitar 30 menit setiap harinya dapat menurunkan tekanan darah jika Anda memiliki tekanan darah tinggi. (Ilustrasi/Pexels)
Olahraga teratur, sekitar 150 menit per minggu atau sekitar 30 menit setiap harinya dapat menurunkan tekanan darah jika Anda memiliki tekanan darah tinggi. (Ilustrasi/Pexels)

5 Cara Mencegah Darah Tinggi

Rona tips kesehatan
Raka Lestari • 26 September 2020 11:25
Jakarta: Memiliki darah tinggi, tentu membuat Anda merasa tidak nyaman. Dan pada masa pandemi covid-19 ini, seorang yang memiliki darah tinggi cenderung bisa memiliki gejala yang berat jika terinfeksi covid-19.
 
Untuk itu, mencegah agar tidak mengalami darah tinggi sangatlah penting. Salah satunya adalah dengan melakukan beberapa perubahan pada gaya hidup.
 
Dan dilansir dari Mayo Clinic, berikut ini adalah hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terjadinya darah tinggi:

Menjaga berat badan ideal

Risiko darah tinggi biasanya akan meningkat dengan penambahan berat badan. Memiliki berat badan berlebih juga dapat menyebabkan gangguan pada saat tidur (sleep apnea), yang dapat meningkatkan tekanan darah. Dan menurunkan berat badan adalah cara paling efektif untuk mengontrol tekanan darah. Dengan menjaga agar berat badan ideal, Anda bisa mengurangi risiko mengalami tekanan darah tinggi.

Olahraga teratur

Olahraga teratur, sekitar 150 menit per minggu atau sekitar 30 menit setiap harinya dapat menurunkan tekanan darah jika Anda memiliki tekanan darah tinggi. Penting untuk melakukannya secara teratur karena ketika Anda berhenti berolahraga, maka tekanan darah bisa tinggi kembali. Jika Anda sudah memiliki hipertensi sebelumnya, berolahraga dapat menurunkan tekanan darah dalam tingkat yang aman.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif