Ilustrasi (Foto: Danielle Cerullo/Unsplash.com)
Ilustrasi (Foto: Danielle Cerullo/Unsplash.com)

Apakah Olahraga pada Malam Hari Membuat Anda Susah Tidur?

Rona olahraga
Raka Lestari • 16 Desember 2018 14:38
Jakarta: Mungkin tidak banyak orang yang bisa bangun lebih pagi, kemudian menyiapkan waktu untuk berolahraga sebelum akhirnya menjalankan aktivitas. Sehingga mereka lebih memilih waktu olahraga pada malam hari, tepatnya setelah selesai menjalankan aktivitas harian mereka.
 
Namun banyak yang mengatakan bahwa berolahraga pada malam hari justru bisa menyebabkan Anda sulit tertidur. Apakah hal tersebut benar adanya?
 
Sebuah tinjauan sistematis dari 23 studi tentang olahraga dan tidur, yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah Sports Medicine. Studi tersebut menyelidiki apakah berolahraga sebelum tidur benar-benar berdampak pada siklus tidur Anda atau tidak. Hasilnya para peneliti menyimpulkan bahwa berolahraga pada malam hari tidak mengganggu jadwal tidur Anda.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Berolahraga pada malam hari memiliki efek positif pada kualitas tidur, meskipun tidak begitu signifikan," ujar salah satu penulis studi, Christina Spengler, kepala Lab Latihan Fisiologi di ETH Zurich, sebuah universitas di Swiss.
 
Lebih khusus lagi, tim Spengler menemukan bahwa orang-orang yang berolahraga pada malam hari dapat meningkatkan kualitas tidur sebanyak 21 persen. Sementara mereka yang tidak berolahraga tampaknya hanya menghabiskan sekitar 19 persen malam dalam tidur nyenyak.
 
Namun menurut pendiri dan pelatih utama untuk platform online V Shred, Vince Sant, mengatakan hal yang terpenting dalam melakukan olahraga adalah dengan menentukan jadwal yang terbaik untuk Anda.
 
"Jika Anda merasa paling nyaman dan sesuai untuk berolahraga pada malam hari, maka itu adalah pilihan terbaik untuk Anda. Fokuslah hanya pada menjaga kesegaran dan kebugaran tubuh Anda," katanya kepada Elite Daily.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif