Penelitian baru menemukan bahwa jalan menaiki tangga akan mendapatkan efek yang sama seperti berjalan lambat. (Foto Ilustrasi: Jake Hills/unsplash.com)
Penelitian baru menemukan bahwa jalan menaiki tangga akan mendapatkan efek yang sama seperti berjalan lambat. (Foto Ilustrasi: Jake Hills/unsplash.com)

5 Tips Turunkan Berat Badan dengan Jalan Kaki

Rona kesehatan
Torie Natalova • 07 Januari 2019 14:36
Jakarta: Menurunkan berat badan tak selalu dilakukan dengan olahraga berat seperti angkat beban, lari, atau fitnes setiap hari. Berjalan kaki juga bisa menurunkan berat badan dan membuat tubuh tetap bugar.
 
Pelatih sekaligus ahli kesehatan Laura Williams mengatakan hanya dengan jalan kaki yang efektif Anda mampu menjaga kebugaran tubuh. Sekaligus menurunkan berat badan.
 
1. Latih Perubahan Kecepatan Jalan
Tidak hanya jalan cepat yang membakar kalori, perubahan kecepatan juga akan meningkatkan pembakaran kalori. Para peneliti dari Ohio State University menemukan bahwa perubahan kecepatan dapat meningkatkan laju metabolisme hingga 20 persen lebih banyak daripada bertahan di satu kecepatan saja.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


2. Jalan-jalan Rutin
Berjalan membakar sekitar 4 kalori per menit. Jika Anda berjalan setidaknya 15-20 menit sebagai rutinitas setiap hari, Anda bisa kehilangan hampir satu kilogram berat badan selama 8 minggu saja. Sebuah studi menemukan mereka yang aktif bepergian memiliki indeks massa dan lemak tubuh lebih rendah daripada mereka yang tidak aktif.
 
3. Ganti Rute Jalan Kaki
Coba berjalan dengan rute baru yakni jalan yang menanjak. Ini akan melatih otot punggung paha dan bokong Anda.
 
4. Coba Naik Tangga
Penelitian baru menemukan bahwa jalan menaiki tangga akan mendapatkan efek yang sama seperti berjalan lambat. Selain itu, jalan menaiki tangga dapat membantu dorongan ke otak yang pada akhirnya menjaga kesehatan otak hingga jantung.
 
5. Tambahan Latihan Berat Badan
Memasukkan latihan berat badan sederhana saat berjalan akan membantu Anda mencapai tujuan. Pertama, Anda akan membakar jumlah kalori yang lebih tinggi saat berjalan, kedua membantu meningkatkan laju metabolisme sehingga Anda akan membakar lebih banyak kalori saat istirahat.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif