Latihan aerobik atau aktivitas fisik apa pun yang meningkatkan pernapasan dan detak jantung Anda dapat meningkatkan kesehatan jantung. (Foto Ilustrasi: Alexander Redl/Unsplash)
Latihan aerobik atau aktivitas fisik apa pun yang meningkatkan pernapasan dan detak jantung Anda dapat meningkatkan kesehatan jantung. (Foto Ilustrasi: Alexander Redl/Unsplash)

Kebiasaan-kebiasaan yang Mampu Memperlambat Penuaan

Rona tips kesehatan
Raka Lestari • 27 Mei 2019 17:09
Jakarta: Proses penuaan adalah hal alami yang akan terjadi pada tubuh. Namun Anda bisa memperlambat penuaan secara fisik, maupun secara mental.
 
Penelitian menunjukkan bahwa seseorang dengan usia yang sama mungkin memiliki usia biologis yang berbeda. Menurut penelitian yang dilakukan Duke University, ada beberapa faktor selain faktor genetika yang dapat memengaruhi tingkat usia Anda.
 
Dikutip dari Reader's Digest, berikut ini adalah beberapa kebiasaan yang bisa memperlambat faktor penuaan Anda:

1. Olahraga

"Latihan aerobik atau aktivitas fisik apa pun yang meningkatkan pernapasan dan detak jantung Anda dapat meningkatkan kesehatan jantung. Latihan keseimbangan dan latihan kekuatan menjaga kekuatan tulang, mengurangi nyeri radang sendi, dan mengurangi risiko terjatuh," kata Benjamin Epstein, MD, spesialis pengobatan keluarga dari Piedmont Physicians.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, Dr Epstein juga mengatakan bahwa berolahraga dapat bermanfaat bagi kesehatan mental. Aktivitas fisik dapat mengurangi depresi dan kegelisahan, dan dapat membantu fungsi kognitif agar pikiran tetap tajam.

2. Memilih pola makan sehat

"Pola makan sehat di antaranya adalah mengurangi konsumsi makanan yang diproses, gula tambahan, dan garam," kata Dr Epstein.
 
Menjauhkan makanan dengan gula dan lemak tidak sehat dapat mencegah inflamasi, diabetes, dan penyakit jantung. Gandum utuh, beras merah, kacang-kacangan, ikan, ungags, dan telur merupakan beberapa jenis makanan yang baik untuk memperlambat penuaan.
 
"Apa yang Anda makan juga dapat berdampak pada pikiran Anda. Makan makanan yang alami atau membuat sendiri di rumah dan membatasi daging merah membantu otak lebih tajam," ujar Jyotir Jani, MD, dokter perawatan primer dari Piedmont Healthcare. 

3. Lebih banyak mengonsumsi sayur

"Mengonsumsi lebih banyak sayuran, biji-bijian, dan buah-buahan dapat mendukung penuaan yang lebih sehat dengan memenuhi nutrisi penting untuk otak dan tubuh yang lebih sehat," kata Abby Sauer, MPH, RD, ahli diet terdaftar dari Abbott. 
 
Namun Anda juga masih bisa makanan lain. Seperti telur, susu rendah lemak, atau makanan laut yang mengandung nutrisi penting. Diet Mediterania, yang mencakup beberapa produk hewani, adalah contoh yang bagus daripada diet nabati.

4. Mengonsumsi protein yang cukup

Mengonsumsi sayur dan buah memang penting, namun Anda juga tidak boleh melupakan asupan protein. Orang yang berusia di atas 40 tahun dapat kehilangan hingga delapan persen dari massa otot mereka.
 
Kondisi itu terjadi setiap sepuluh tahun, dan tingkat penurunan dapat berlipat ganda setelah usia 70 tahun. Ia merekomendasikan orang dewasa mengonsumsi makanan yang memiliki sumber protein baik. Seperti kacang-kacangan, Greek yogurt, atau keju.

5. Melakukan kegiatan di luar rumah

Vitamin D dapat membantu tulang Anda tetap kuat. Vitamin ini juga dapat melindungi tubuh dari berbagai kondisi yang berhubungan dengan usia seperti penyakit jantung dan kanker.
 
"Mendapatkan sinar matahari sekitar 15-30 menit setiap harinya dapat mencukupi kebutuhan harian akan vitamin D. Anda tidak harus berjemur untuk mendapatkannya, namun dengan menggunakan pakaian biasa juga tetap bisa mendapatkan manfaatnya,"kata Dr Jani.
 
Lebih lanjut, Dr Jani juga merekomendasikan untuk mendapatkan vitamin D dalam makanan. Seperti ikan berlemak seperti salmon, kuning telur, dan makanan yang difortifikasi seperti sereal.
 
Lawan Faktor U, Tetap Sehat dan Produktif

 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif