Ilustrasi: Rawpixel
Ilustrasi: Rawpixel

6 Kunci Mencegah Asam Lambung Naik di Malam Hari

Rona tips kesehatan
Torie Natalova • 15 Agustus 2019 12:06
Kebanyakan orang mengalami refluks asam lebih sering di malam hari. Akibatnya memicu gangguan tidur.
 

Jakarta: Asam lambung yang naik di malam hari, dapat membuat seseorang sulit untuk tidur. Walaupun kondisi ini dapat terjadi kapan saja, kebanyakan orang mengalami refluks asam lebih sering di malam hari dan memicu gangguan tidur.
 
Dilansir dari steptohealth, refluks asam atau GERD (gastroesophageal reflux disease) disebabkan lemahnya sfingter esofagus atau bagian tubuh yang memungkinkan asam lambung naik ke kerongkongan dan mulut. Akibatnya, penderita GERD akan merasakan sensasi terbakar atau iritasi yang tidak nyaman disertai dengan nyeri dada, mulas dan kesulitan menelan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan asam lambung di malam hari. Pertama, makan malam yang berat terutama yang dikonsumsi sesaat sebelum tidur. Posisi berbaring di malam hari dapat menghambat pencernaan, sehingga nada sfingter esofagus menurun dan asam naik kembali ke kerongkongan juga mulut.
 
Hal yang sama terjadi ketika Anda minum minuman yang sangat panas sebelum tidur atau berbaring pada posisi yang tidak tepat. Masalah ini juga dapat terjadi para mereka yang merokok, mengalami stres atau yang tidur mengenakan baju ketat.
 
Ada beberapa cara untuk membantu Anda mencegah kenaikan asam lambung terutama di malam hari, terutama jika itu terjadi berulang kali atau parah.
 
1. Hindari makan sebelum tidur
 
Kebiasaan ideal untuk makan malam yakni dua atau tiga jam sebelum tidur. Dengan cara ini, sekresi asam lambung akan terkendali sebelum tidur.
 
2. Batasi konsumsi makanan yang mengiritasi lambung
 
Makanan yang meningkatkan kadar asam dapat memperburuk gejala refluks asam di malam hari. Hindari atau batasi konsumsi tomat, kafein, daging, gorengan, hidangan pedas dan minuman beralkohol di malam hari.
 
3. Tinggikan bagian kepala saat tidur
 
Salah satu hal terbaik yang dapat mencegah asam lambung naik adalah tidur dengan kepala yang lebih tinggi. Ketika tubuh dalam posisi horizontal, perut dan tenggorokan Anda berada pada ketinggian yang sama, dan ini dapat menjaga asam lambung tetap di
tempatnya.
 
4. Tidur menghadap miring ke kiri
 
Tidur di sisi kanan perut membuka sfingter esofagus lebih ke asam lambung sehingga memicu kenaikan asam lambung.
 
5. Menurunkan berat badan
 
Akumulasi lemak dalam lingkaran perut meningkatkan kompresi lambung dan asam lambung naik kembali ke kerongkongan.
 
6. Kelola stres Anda
 
Manajemen stres yang tepat tidak hanya mengurangi risiko refluks asam di malam hari tapi juga meningkatkan kualitas tidur.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif