Migrain pada ibu hamil dapat disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya karena hormon yang naik turun. (Foto: Pixabay.com)
Migrain pada ibu hamil dapat disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya karena hormon yang naik turun. (Foto: Pixabay.com)

Menyembuhkan Migrain Tanpa Obat Saat Hamil

Rona kesehatan kehamilan
Pelangi Karismakristi • 14 Januari 2019 20:13
Jakarta: Wanita yang sedang hamil mengalami banyak perubahan dalam tubuhnya. Sesekali mereka juga merasakan masalah dalam tubuh, salah satunya adalah migrain.
 
Migrain pada ibu hamil dapat disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya karena hormon yang naik turun. Selain itu, bisa juga dipicu oleh naik turunnya tekanan darah, ketegangan otot dan pemicu lain, seperti cuaca, konsumsi kafein, makanan olahan dan sebagainya.
 
Lalu bisakah Anda megonsumsi obat migrain saat hamil? Obat-obatan seperti aspirin atau ibuprofen adalah obat antiinflamasi non-steroid, yang diketahui bisa menyebabkan komplikasi bayi belum lahir.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Anda bisa melakukan pengobatan migrain tanpa obat, seperti dilansir dari Boldsky berikut ini.
 
Menyembuhkan Migrain Tanpa Obat Saat Hamil
(Migrain pada ibu hamil dapat disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya karena hormon yang naik turun. Foto: Pixabay.com)
 
(Baca juga: Selain Bermanfaat, Konsumsi Asam Folat saat Hamil Punya Efek Samping)
 
1. Cari tahu penyebabnya
Langkah pertama yang perlu Anda tahu adalah mengidentifikasi apa yang memicu sakit kepala sebelah, misalnya saja tekanan darah yang naik turun atau hal lainnya.
 
2. Manfaatkan handuk dingin atau mandi dengan air dingin
Hal ini akan membantu mengendurkan saraf kepala Anda dan menghilangkan rasa sakit. Bila Anda tak tahan terhadap dingin, kompreslah dengan air hangat atau mandi air panas.
 
3. Olahraga
Olahraga dapar membantu meningkatkan hormon oksitosin, yang mampu membantu membunuh rasa sakit. Namun, Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terkait olahraga yang aman selama kehamilan.
 
4. Tidur
Tidur sangat berguna memerangi sakit kepala migrain. Selain itu, tidur juga akan menghilangkan stres yang memicu migrain. Jika rasa sakit membuat Anda tak bisa terlelap, cobalah untuk bermeditasi sesaat agar membantu memunculkan hormon tidur.
 

 
 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif