Cara untuk melatih kemampuan otak bisa Anda lakukan. Seperti di bawah ini. (Foto: Pexels.com)
Cara untuk melatih kemampuan otak bisa Anda lakukan. Seperti di bawah ini. (Foto: Pexels.com)

Tips Melatih Kemampuan Otak

Rona kesehatan
Raka Lestari • 22 Februari 2019 13:44
Jakarta: Otak merupakan bagian tubuh yang memiliki fungsi sangat penting. Sama seperti bagian tubuh lainnya, otak juga perlu dirawat dan dilatih agar kemampuannya selalu berkembang dengan baik.
 
Jika kemampuan otak tidak dilatih secara berkala maka kemampuan otak pun akan menurun dan tentunya akan berpengaruh pula pada kemampuan tubuh dalam menerima dan menyerap informasi.
 
“Otak seseorang itu akan terus berkembang dari mereka lahir sampai seseorang meninggal dunia,” ujar Ahli Neuroanatomi dan Nuerosains, Dr. dr. Taufiq Pasiak, M.Kes, M.Pd, dalam acara konferensi pers Konsentrasi Ciptakan Mimpi bersama Energen, Kamis, 21 Februari 2019 lalu, di FX Sudirman, Jakarta Pusat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia juga menambahkan bahwa untuk melatih kemampuan otak dan perkembangan otak itu berasal dari banyak faktor. Otak itu dipengaruhi oleh lingkungan, gaya hidup, pengaruh genetika termasuk juga makanan.
 
"Jadi untuk otak itu berkembang atau tidak dari segi makanan sebaiknya memilih makanan yang mengandung karbo, lemak protein dan lain-lain tetapi juga tidak cukup. Pendidikan juga berpengaruh, lingkungan, olahraga itu juga berpengaruh."
 
Selain itu ada banyak latihan-latihan khusus yang bisa dilakukan untuk melatih dan meningkatkan kemampuan otak Anda.
 
Tips Melatih Kemampuan Otak
(Foto: Pexels.com)
 
(Baca juga: Ini yang Terjadi pada Otak ketika Anda Berwisata ke Rumah Hantu)
 
“Misalnya dengan belajar bahasa baru. Dengan memelajari suatu bahasa baru maka itu dapat melatih keterampilan untuk mengingat. Atau storytelling. Dengan melakukan storytelling atau bercerita itu dapat melatih emosi, pemilihan kaya, kognisi, connection, bahkan social intelligence,” ujar Dr. Taufiq.
 
Dr. Taufiq mengibaratkan otak seseorang itu seperti parasut. “Kalau Anda tidak membuka maka otak Anda akan mati."
 
Jadi otak itu harus dipakai secara terus menerus, walaupun untuk melakukan fungsi-fungsi yang sederhana.
 
Fungsi sederhana itu misalnya fungsi-fungsi yang berkaitan dengan kegiatan harian. Sedangkan fungsi-fungsi yang susah itu seperi menganalisis, belajar matematika, atau belajar bahasa baru.”
 
Namun ia menambahkan bahwa ketika otak digunakan untuk berpikir secara kreatif atau out of the box maka otak seseorang akan lebih berkembang.
 
“Jadi kalau kita melakukan sesuatu yang tidak biasa atau out of the box maka otak akan lebih cepat berkembang dibandingkan melakukan sesuatu yang sudah menjadi kebiasaan.” Untuk itu tak ada salahnya Anda mulai untuk melatih kemampuan otak sejak dini sedikit demi sedikit.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi