Mengatasi perut kembung secara alami. (Foto:popsugar.com)
Mengatasi perut kembung secara alami. (Foto:popsugar.com)

3 Langkah Alami untuk Mengatasi Perut Kembung

Rona kesehatan
11 Juli 2015 16:36
medcom.id, Jakarta: Sebuah studi yang diterbitkan The American Journal of Gastroenterology mengatakan bahwa, setiap orang rata-rata membuang gas antara delapan sampai 20 kali per hari. Buang gas atau kentut tentu memalukan, apalagi ditambah dengan perut yang kembung.
 
Dua penyebab paling umum dari munculnya gas di tubuh adalah udara yang tertelan saat makan dan minum, dan pencernaan makanan oleh bakteri di usus besar. Selain karena gangguan pencernaan yang serius, seperti iritasi usus, kebanyakan gas atau kembung dapat disembuhkan dengan cepat dan alami. Berikut tiga cara mengobati perut kembung dan kentut yang terus menerus.
 
1. Jahe
Jahe sering digunakan untuk mengatasi mual dan sakit perut. Gas yang terjadi karena pencernaan iritasi lapisan saluran dapat dikendalikan dengan jahe karena bisa meningkatkan air liur dan sekresi lambung sehingga bisa menenangkan perut kembung.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


2. Sayur pahit
Sayuran yang memiliki rasa pahit bisa menginduksi sekresi cairan pencernaan yang dapat membantu mengurangi rasa sakit akibat gas. Salah satu yang bisa dikonsumsi dan mudah ditemukan adalah teh chamomile. Teh ini sering diminum di malam hari untuk menenangkan ketegangan dan bisa membantu tidur yang nyenyak. Rasa pahit yang ada dalam teh bisa merangsang asam lambung untuk membantu meringankan penyimpangan pencernaan dan iritasi yang menyebabkan gas.
 
3. Biji-bijian pedas
Minyak esensial dalam biji adas dan jintan memiliki efek anti spasmodik pada otot usus dan digunakan untuk mencegah gas pada usus lebih banyak. Minyak esensial dalam biji adas dan jintan juga memiliki sifat anti-spasmodik usus. Jintan dan adas bintang paling sering ditemukan dalam makanan India dan Asia. (Sheknows)
 

(LOV)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif