NASA membuat kaling antikorona. Tertarik? (Foto: Dok. Lisa Harbottle/Usatoday)
NASA membuat kaling antikorona. Tertarik? (Foto: Dok. Lisa Harbottle/Usatoday)

NASA Buat Kalung Antikorona

Rona covid-19
Kumara Anggita • 12 Juli 2020 10:00
Jakarta: Salah satu cara yang paling sering kita lakukan untuk mengurangi risiko penyebaran virus korona atau covid-19 adalah menghindari menyentuh wajah. Ini nampak sederhana namun nyatanya sering sekali kita langgar secara tidak sadar.
 
Akhirnya, NASA memutuskan untuk mencari solusi. Nasa membuat kalung antikorona. Dilansir dari USA Today, kalung ini akan bekerja ketika Anda sudah mulai mengangkat tangan ke arah kepala Anda. Kalung NASA akan bergetar, mengingatkan Anda untuk berhenti.
 
Memperingatkan pengguna ketika mereka akan menyentuh wajah mereka. Liontin bundar dikenakan di leher Anda. "Umpan balik haptic dari motor getaran menstimulasikan dorongan, mengingatkan pemakai untuk menghindari menyentuh bagian muka. Ini sebagai bagian untuk mengurangi potensi infeksi," kata NASA di situsnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Idenya adalah untuk membantu orang mengurangi penyebaran virus korona yang sebagian besar menyebar melalu tetesan pernapasan. Namun, sayangnya NASA tidak menjual alat tersebut. Tetapi Jet Propulsion Laboratory dari agensi tersebut membuat instruksinya yang tersedia secara online jika Anda ingin membuatnya sendiri.
 
"Kami berharap individu atau perusahaan akan meniru, memperbaiki atau meningkatkan alat ini dan membuatnya mudah tersedia untuk distribusi," kata NASA. Untuk membuat kalung ini, Anda akan membutuhkan printer 3D, kawat, motor dan bahan kecil lainnya.
 
NASA bukan orang pertama yang mengembangkan cara-cara DIY untuk mencoba mengendalikan penularan virus korona. Krisis ini telah menyebabkan banyak orang berkreasi membuat alatnya sendiri mulai dari pembersih tangan, masker, dan disinfektan, dan masih banyak lagi. Silahkan mencoba yang ini bila Anda juga tertarik.
 

(TIN)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif