Hindari makanan yang digoreng, keripik, potongan daging berlemak yang dapat meningkatkan risiko gejala refluks. (Foto: Emiliano Vittoriosi/Unsplash.com)
Hindari makanan yang digoreng, keripik, potongan daging berlemak yang dapat meningkatkan risiko gejala refluks. (Foto: Emiliano Vittoriosi/Unsplash.com)

Penyebab Asam Lambung yang Sering Diabaikan

Rona kesehatan pencernaan
Torie Natalova • 07 Februari 2019 10:33
Jakarta: Refluks asam atau naiknya asam lambung dapat terjadi ketika asam lambung bocor ke arah yang salah yakni dari lambug ke tenggorokan. 
 
Inilah yang membuat penderita refluks asam sering merasakan sensasi terbakar di dada hingga tenggorokan, merasa mulas hingga suit menelan, dan membuat tidak nyaman penderitanya.
 
Ahli gizi Caroline Trickey mengatakan bahwa sebenarnya penyebab terbesar refluks asam adalah cara makan yang salah. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kebanyakan orang makan dengan cepat, tidak mengunyah makanan dengan benar dan cenderung makan sambil sibuk melakukan hal lain, yang membuat mereka tidak rileks saat makan. 
 
Padahal, pencernaan bekerja paling baik saat tubuh sedang santai.
 
Makan yang berlebihan juga bisa jadi masalah yang sangat besar dalam hal refluks. Terutama ketika sedang makan di luar rumah yang membuat mereka lupa bahwa ukuran perut hanya sebesar kepalan tangan masing-masing orang.
 
Merokok, kelebihan berat badan, minum obat-obatan, makanan dan minuman tertentu juga dapat memperburuk refluks.
 
Selain makanan yang pedas, ada beberapa jenis makanan lain yang sebaiknya Anda kurangi atau hindari agar refluks asam tidak terjadi seperti dilansir dari Netdoctor berikut ini.
 
Penyebab Asam Lambung yang Sering Diabaikan
(Dilansir dari Netdoctor, terlalu banyak minuman bersoda dapat sebabkan gas menumpuk di perut dan distensi lambung atau kembung. Foto: Rawpixel/Unsplash.com)
 
(Baca juga: Cara Mengobati Asam Lambung ala Rumahan)
 
1. Makanan tinggi lemak
Lemak memperlambat pengosongan lambung sehingga ada lebih banyak kesempatan untuk perut penuh yang sebenarnya dapat meningkatkan risiko gejala refluks. Hindari makanan yang digoreng, keripik, potongan daging berlemak.
 
2. Jeruk
Walaupun jus jerus atau air lemon mungkin tidak selalu menyebabkan naiknya asam lambung, pada beberapa orang air jeruk dapat membuat mereka merasakan mulas dan gejala lain yang bisa saja memburuk.
 
3. Bawang putih dan bombay
Kombinasi bawang putih dan bombay secara bersama seringkali dapat menimbulkan masalah bagi asam lambung Anda.
 
4. Peppermint
Bagi mereka yang menderita asam lambung, minum teh mint setelah makan malam justru dapat memperburuk gejalanya. Ini karena peppermint melemaskan otot LOS dan memungkinkan asam lambung mengalir kembali ke kerongkongan.
 
5. Cokelat
Ada beberapa bukti bahwa cokelat dapat memperburuk gejala asam lambung, tapi ini sering tergantung pada banyaknya jumlah yang dikosumsi. 
 
6. Alkohol dan kopi
Alkohol dan kopi sama-sama dapat mengendurkan otot LOS sehingga dapat memperburuk atau memicu mulas serta naiknya asam lambung.
 
7. Minuman soda
Terlalu banyak minuman bersoda dapat sebabkan gas menumpuk di perut dan distensi lambung atau kembung. Jika perut Anda buncit, ada peningkatan tekanan pada LOS yang menyebabkan refluks.
 


 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif