Stres yang dibiarkan bisa membuat Anda depresi  (Foto Ilustrasi: Eunice Stahl/Unsplash.com)
Stres yang dibiarkan bisa membuat Anda depresi (Foto Ilustrasi: Eunice Stahl/Unsplash.com)

Cara Mudah Melindungi Kesehatan Mental

Rona tips kesehatan psikologi
Raka Lestari • 07 Mei 2019 14:02
Kesehatan mental perlu dijaga, apalagi pada era milenial sekarang ini. Ada beberapa cara mudah untuk menjaga kesehatan mental Anda, salah satunya bijak menggunakan media sosial.
 

Jakarta: Masalah yang ada dalam kehidupan sehari-hari tentunya bisa membuat diri Anda merasa lelah. Bahkan bisa membuat Anda stres.
 
Jika Anda merasakan beban secara terus menerus pada tingkat stres, Anda bakal menghadapi masalah kesehatan mental seperti depresi atau kecemasan. Jadi jangan sampai Anda mencapai level itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kini ada beberapa cara mudah untuk melindungi kesehatan mental Anda, dari hari ke hari yang bisa membuat Anda merasa lebih menjadi diri sendiri. Dilansir dari Elite Daily, berikut ini adalah hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk melindungi kesehatan mental Anda:

1. Tidur dan makan menjadi prioritas utama

"Pikiran dan tubuh membutuhkan tidur dan nutrisi yang baik untuk mendukung kesehatan mental dan fisik," ujar Heather Senior Monroe, MSW, LCW, direktur pengembangan program di Newport Academy, kepada Elite Daily.
 
Tidur dan makan adalah kebutuhan mendasar tubuh kita, sehingga terkadang kita melewatkannya. Untuk itu, Monroe mengatakann penting bagi setiap orang untuk mengolah rutin perawatan diri harian yang mencakup tidur yang cukup dan makanan bergizi.

2. Pergi ke luar ruangan

Menurut Monroe, berjalan-jalan keluar ruangan di siang hari adalah kebutuhan mutlak. Banyak dari kita yang sudah mengalami manfaat bahwa berjalan di luar atau berenang di laut dapat mengubah suasana hati. 
 
"Penelitian telah berulang kali membuktikan bahwa menghabiskan waktu di luar ruangan mengurangi tingkat stres, depresi, dan kecemasan. Faktanya, berada di luar alam sebenarnya menurunkan tingkat kortisol kimia yang terkait dengan stres," kata Manroe kepada Elite Daily.

3. Bijak di media sosial

Media sosial memiliki banyak hal positif, tetapi menurut David Bennett, seorang konselor dan ahli hubungan, media sosial memungkinkan kita untuk terlibat dalam diskusi yang sering menciptakan kecemasan.
 
"Sebaliknya, hitung sampai 20 detik sebelum memposting apa pun. Ini akan memberikan otak waktu untuk mendinginkan dan membuat Anda bersikap lebih rasional," kata Bennett kepada Elite Daily.

4. Menahan emosi

Membicarakan kekesalan Anda mungkin akan menyebabkan kesulitan, tetapi menurut Ashleigh Edelstein, LMFTA, seorang terapis yang berbasis di Texas, sikap itu lebih baik daripada Anda menahan-nahan emosi Anda. 
 
"Jika kamu mengalami hari yang buruk, tidak apa-apa untuk memberitahu seseorang," terang Edelstein.

5. Menjauh dari percakapan yang menyebabkan Anda kesal

"Lindungi diri Anda dari orang-orang yang memberikan dampak buruk bagi Anda dengan memilih untuk tidak melakukan percakapan yang tidak membuat nyaman atau gosip. Dan meninggalkan semua tersebut saat Anda pulang dari kantor," tegas Edelstein.
 
Lawan Faktor U, Tetap Sehat dan Produktif

 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif