eberapa bahan makanan berikut mengandung nutrisi penting untuk mata Anda. (Foto: Pexels.com)
eberapa bahan makanan berikut mengandung nutrisi penting untuk mata Anda. (Foto: Pexels.com)

Selain Wortel, 3 Makanan Ini Bantu Mencegah Penyakit Mata

Rona kesehatan mata
Torie Natalova • 21 Maret 2019 07:19
Merawat mata Anda sangat penting untuk menjaga mereka tetap sehat. Salah satu faktor utama merawat kesehatan mata adalah pola makan Anda. Dan beberapa bahan makanan berikut mengandung nutrisi penting untuk mata seperti sayuran berdaun hijau, paprika, dan stroberi.
 

 
Jakarta:
Banyak orang mengalami masalah pada mata seperti menderita presbiopia, rabun dekat atau katarak. Terkadang, kondisi mata tersebut berkaitan dengan proses penuaan alami. Namun, beberapa kebiasaan berbahaya juga dapat memengaruhi kesehatan mata Anda.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Merawat mata Anda sangat penting untuk menjaga mereka tetap sehat. Salah satu faktor utama merawat kesehatan mata adalah pola makan Anda.
 
Kesehatan mata dikaitkan dengan beberapa jenis nutrisi seperti vitamin A dan C, flavonoid, karotenoid, asam lemak omega-3, mineral, antioksidan. Dan beberapa bahan makanan berikut mengandung nutrisi penting untuk mata dan wajib disantap setiap hari untuk mata yang sehat.
 
(Baca juga: Beda Konjungtivitis dan Alergi Mata)

1. Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau membantu melindungi penglihatan Anda karena kandungan antioksidan alaminya. Sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung dan brokoli, dapat membantu meningkatkan kesehatan mata Anda. Vitamin A dalam sayuran tersebut membantu melindungi kornea.
 
Selain itu, sayuran hijau menyediakan vitamin lain seperti lutein yang melindungi mata dari sinar ultraviolet dan zeaxanthin yang berkontribusi pada penglihatan yang baik.
 
Selain Wortel, 3 Makanan Ini Bantu Mencegah Penyakit Mata
(Berbagai antioksidan yang terkandung dalam stroberi dapat membantu menghindari masalah mata seperti mata kering, degeneraso makula dan gangguan penglihatan. Foto: Pexels.com)

2. Wortel

Wortel kaya akan vitamin A dan salah satu makanan terbaik untuk kesehatan mata. Sel-sel batang mata dapat memburuk karena kekurangan vitamin A, dan ini dapat menyebabkan masalah penglihatan pada orang sehat. 
 
Agar mata normal tidak bermasalah setelah mengonsumsi banyak vitamin A, mengonsumsi beta-karoten adalah mempromosikan sintesis vitamin A. Wortel juga kaya beta-karoten sehingga baik untuk menyeimbangkan nutrisi vitamin A.

3. Paprika

Paprika adalah sumber vitamin A dan C yang dapat menjaga sel-sel mata tetap sehat. Selain itu, vitamin C dapat membantu mengurangi risiko infeksi mata dan merupakan antioksidan kuat terhadap penuaan sel. 
 
Paprika juga kata akan vitamin B6, lutein, zeaxanthin, beta-karoten dan lycopene. Semua nutrisi ini meningkatkan kesehatan mata Anda.

4. Stroberi

Selain tinggi vitamin C, stroberi merupakan antioksidan yang dibutuhkan tubuh Anda untuk menjaga mata tetap sehat dan bebas dari penyakit terkait peradangan dan penuaan. 
 
Berbagai antioksidan yang terkandung dalam stroberi dapat membantu menghindari masalah mata seperti mata kering, degeneraso makula dan gangguan penglihatan. Mengonsumsi stroberi setiap hari dapat mengurangi risiko masalah mata terkait penuaan alami. 
 


 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif