Diabetes saat hamil dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung bawaan. (Foto Ilustrasi: Ryan Franco/Unsplash.com)
Diabetes saat hamil dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung bawaan. (Foto Ilustrasi: Ryan Franco/Unsplash.com)

Bahaya tak Terduga Diabetes saat Hamil

Rona kesehatan
Torie Natalova • 02 Januari 2019 14:56
Jakarta: Gula darah tinggi memengaruhi hampir 9 persen populasi orang dewasa sehingga kondisi ini relatif umum terjadi. Tetapi diabetes tetap menjadi penyakit yang serius.
 
Sebuah studi baru mengungkapkan diabetes pada ibu hamil bisa berdampak pada bayi yang masih dalam kandungan. Diabetes saat hamil dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung bawaan.
 
Penelitian yang dilakukan Nationwide's Children Hospital tersebut bukanlah yang pertama menyebutkan bahaya diabetes saat hamil. Penelitian sebelumnya telah menemukan hubungan potensial antara hiperglikemia dan penyakit jantung bawaan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dokter Vidu Garg mengatakan telah banyak studi yang menunjukkan hubungan kuat antara diabetes saat hamil dan peningkatan risiko penyakit jantung bawaan pada bayi. Tetapi, menurutnya ada banyak faktor yang memengaruhi termasuk tipe diabetes, pengaruh lingkungan lain, dan kecenderungan genetik tertentu.
 
Usia kandungan yang terpapar diabetes juga berperan. Hiperglikemia ibu pada trimester kedua kehamilan dikaitkan makrosomia janin, kardiomiopati dan peningkatan insiden komplikasi perinatal atau mortalitas. Namun, penting dicatat bahwa penyakit jantung bawaan dapat disebabkan oleh berbagai faktor.
 
Pentingnya Nutrisi dalam Masa Pra Kehamilan

 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif