Enam Tanda Sendawa Tak Wajar
Beberapa penyakit yang memiliki ciri sendawa berlebih dan penurunan berat badan drastis adalah sindrom iritasi usus besar (IBS), alergi makanan, atau penyakit Crohn. (Foto: Nik MacMillan/Unsplash.com)
Jakarta: Sendawa terjadi ketika tubuh mengeluarkan gas dari tubuh. Namun, bila mulai berlebihan sebaiknya segera berikan perhatian khusus. 

"Jika sendawa mulai mengganggu dan terjadi tiga kali atau lebih dalam seminggu, sebaiknya pergi ke dokter," tukas ahli endoskopi Rabia De Latour, M.D. Selain itu, berikut adalah beberapa ciri sendawa tak wajar yang perlu Anda ketahui. 

1. Mulai muntah
Jika sendawa diikuti dengan mual dan muntah, makan kondisi tubuh sedang tidak sehat. "Jika Anda tidak bisa menahan apa pun (muntah) dan perut Anda buncit dan sakit itu bisa berarti Anda memiliki sumbatan atau sumbatan usus," kata De Latour. Ia menyarankan untuk segera konsultasi ke dokter di mana bisa jadi itu adalah pertanda flu perut, infeksi, atau bahkan kanker.


(Baca juga: Hati-hati, Bersendawa Bisa Jadi Tanda Serangan Jantung)

2. Kembung
Perut membesar bisa jadi karena terlalu banyak udara di dalamnya dan membuat kembung. Jika setelah sendawa tak terjadi perubahan signfikan, sebaiknya periksakan ke dokter. Namun, kembung tak selalu berbahaya. Bisa saja itu pertanda iritasi usus besar atau intoleransi laktosa, yang membuat penderita sering bersendawa. 


(Jika sendawa diikuti dengan mual dan muntah, makan kondisi tubuh sedang tidak sehat. Foto:
Issam Hammoudi/Unsplash.com)


3. Sakit menusuk di tulang rusuk 
Hiatal hernia, suatu kondisi di mana perut Anda membengkak ke esofagus dapat menyebabkan sendawa berulang. Hernia membuat seseorang merasa tercekik karena memotong suplai darah ke seluruh tubuh, demikian menurut Harvard Health Publishing. 

4. Tenggorokan panas
Jika sendawa terasa seperti asam perut dan ada sensasi terbakar pada dada, kemungkinan itu adalah gejala gastroesophageal reflux atau asam lambung.

"Tidak bagus untuk sering mengalami refluks asam, itu bisa jadi sulit di esofagus," tukas Julia Kavanagh, M.D., seorang dokter penyakit dalam.

5. Berat badan menurun 
Penurunan berat badan dengan cepat, bersamaan dengan bersendawa, adalah tanda lain dari sumbatan usus, kata De Latour.

Beberapa penyakit yang memiliki ciri sendawa berlebih dan penurunan berat badan drastis adalah sindrom iritasi usus besar (IBS), alergi makanan, atau penyakit Crohn, hingga kanker perut. 

6. Sakit pencernaan
"Ketika bersendawa terjadi dengan masalah gastrointestinal lainnya, termasuk diare, sembelit, dan kentut, itu dapat menunjukkan gejala beberapa penyakit seperti IBS, intoleransi laktosa, atau kepekaan terhadap makanan," kata De Latour.






(TIN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id