Minum Susu Setiap Pagi Bantu Turunkan Risiko Diabetes

Sri Yanti Nainggolan 19 September 2018 15:50 WIB
tips kesehatan
Minum Susu Setiap Pagi Bantu Turunkan Risiko Diabetes
(Foto: Patch)
Jakarta: Sebuah penelitian menemukan bahwa konsumsi susu pada pagi hari dapat menurunkan tingkat glukosa darah sepanjang hari. Hal tersebut menguntungkan penderita diabetes tipe 2. 

Menurut studi yang dipublikasi dalam Journal of Dairy Science tersebut, konsumsi susu tinggi protein saat sarapan dapat menurunkan risiko obesitas karena menurunkan selera makan siang. 

Studi dari University of Guelph di Kanada tersebut mencari tahu efek minum susu tinggi protein dengan sereal tinggi karbohidrat. Para peneliti melihat bagaimana makanan tersebut memengaruhi tingkat glukosa darah, perasaan kenyang, dan jumlah makanan yang mereka konsumsi sepanjang hari. 


Hasilnya, protein whey dan kasein dalam susu melepaskan hormon gastrik yang dapat memperlambat pencernaan dan meningkatkan perasaan kenyang. 

"Studi ini mengonfirmasi pentingnya minum susu saat sarapan untuk memperlambat pencernaan karbohidrat dan menurunkan kadar gula darah," ujar peneliti Dr Douglas Goff seperti dilansir Independent

Berbagai ahli gizi telah menekankan pentingnya sarapan sehat, dimana susu merupakan pilihan yang tepat. 

Sebuah studi lain dari Tel Aviv University juga menemukan bahwa sarapan protein whey dapat menurunkan nafsu makan. 

"Minuman protein whey mudah disiapkan dan memberikan keuntungan, yaitu penurunan berat badan, pengurangan rasa lapar, lonjakan glukosa dan HbA1c [hemoglobin terglikasi, tingkat tinggi yang terkait dengan diabetes] saat sarapan," jelas Dr. Daniela Jakubowicz, profesor kedokteran di universitas tersebut. 


Lihat video:






(DEV)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id