Perkembangan Otak Remaja Dapat Terjadi Selama Tidur
Para ahli saraf telah mengamati suatu periode "pemangkasan sinaptik" yang intensif berkembang pada masa remaja. (Foto: Kasper Rasmussen/Unsplash.com)
Jakarta: Ketika bayi, balita, dan anak-anak kecil memahami dunia, sel-sel otak mereka mengikat diri bersama-sama menciptakan jaringan super padat dari neuron yang terjalin. Demikian cara otak mereka berkembang. Kapan itu terjadi?

Para ahli saraf telah mengamati suatu periode "pemangkasan sinaptik" yang intensif berkembang pada masa remaja.

Dalam sebuah penelitian, para ilmuwan dari University of California di Davis mengatakan mereka percaya fluktuasi yang lambat diamati selama fase delta tidur remaja mungkin bukti proses itu bekerja.


Karena penyakit mental utama seperti skizofrenia muncul berakar selama masa remaja, para penulis penelitian mengatakan arsitektur tidur yang berubah mungkin menawarkan petunjuk tentang bagaimana dan kapan penyakit mental muncul.

(Baca juga: Kurang Tidur Timbulkan Masalah Perilaku pada Remaja)


(Ketika bayi, balita, dan anak-anak kecil memahami dunia, sel-sel otak mereka mengikat diri bersama-sama menciptakan jaringan super padat dari neuron yang terjalin. Foto: Floris Jan-roelof/Unsplash.com)

Para ahli merekomendasikan kaum muda tidur malam setidaknya 8 jam. Namun, hal itu terdengar tidak realistis untuk remaja yang dipenuhi dengan pekerjaan rumah, kegiatan ekstrakulikuler, atau merasa perlu begadang untuk chat atau sosial media dengan teman-teman mereka.

Faktanya, jika kinerja tes standar adalah indikasi apa pun, remaja berusia 16 tahun mendapat skor terbaik dengan tidur 7 jam semalam. Itu temuan penelitian baru yang mengejutkan.

Ekonom Universitas Brigham Young Eric Eide dan Mark Showalter-yang juga seorang ayah--menggunakan sampel perwakilan nasional dari 1.724 siswa, membandingkan skor tes standar anak-anak dan remaja dengan jumlah tidur yang mereka laporkan.

Untuk remaja yang lebih tua, tidur 7 jam semalam sudah cukup banyak. Jumlah tidur optimal untuk anak usia 12 tahun malah lebih tinggi yakni sekitar 8 jam. Sedangkan anak usia 10 tahun paling baik tidur sekitar 9 jam. Laporan itu muncul dalam edisi terbaru Eastern Economics Journal.






(TIN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id