Merokok tidak menyebabkan mulut kering, tetapi bisa memperburuknya. (Ilustrasi--Foto: Pexels)
Merokok tidak menyebabkan mulut kering, tetapi bisa memperburuknya. (Ilustrasi--Foto: Pexels)

Cara Alami Mengatasi Mulut Kering

Rona tips kesehatan
Raka Lestari • 14 November 2019 07:07
Jakarta: Mulai dari kesulitan menelan, bibir pecah-pecah, bau mulut, sampai kesulitan dalam merasakan makanan merupakan gejala-gejala dari mulut kering. Meskipun ada beberapa kasus serius yang disebabkan oleh mulut kering, tetapi pada umumnya kondisi ini tidak membahayakan. Namun tetap saja mengalami mulut kering bisa menjadi sangat menyebalkan.
 
Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi mulut kering yang bisa dilakukan di rumah, seperti thehealthy:
 
Berhenti merokok

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Merokok tidak menyebabkan mulut kering, tetapi bisa memperburuknya. “Itu karena merokok mengurangi produksi air liur,” kata Matthew Messina, DDS, direktur Dental Oncology Clinic di The Ohio State University School of Dentistry.
 
Untuk mengganti rokok, Anda bisa menggunakan blackcurrant. Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2015 dalam Journal of Medicinal Food menemukan bahwa makan blackcurrant mengurangi risiko kesehatan mulut yang berkaitan dengan merokok dengan cara meningkatkan aliran air liur.
 
Mengunyah permen karet
 
Dr Messina menyarankan untuk mengunyah permen karet atau permen yang tidak mengandung gula. Keduanya dapat menstimulasi air liur, terutama rasa jeruk, kayu manis, atau mint. Namun perlu hati-hati karena bagi sebagian orang konsumsi berlebihan dapat menyebabkan rasa tidak nyaman pada perut.
 
Kurangi konsumsi kopi
 
Minuman berkafein seperti kopi, teh dan soda dapat menyebabkan mulut Anda terasa kering. Minuman beralkohol juga dapat membuat mulut Anda terasa kering, sehingga penting untuk menghindarinya.
 
Minuman yang mengandung gula atau asam seperti jus juga bisa menyebabkan mulut kering menjadi bertambah parah. Air putih, susu, atau minuman bebas kafein dan gula merupakan pilihan terbaik.
 
Berkumur dengan air
 
“Jika Anda mengalami mulut kering, itu berarti Anda tidak memproduksi air liur yang cukup. Dengan minum air yang cukup setiap harinya dapat menjaga kelembapan mulut Anda,” ujar Dr Messina.
 
Bawalah selalu botol minum Anda setiap hari dan ketika melakukan aktivitas harian Anda. Minum air saat makan juga bisa sangat membantu, tidak hanya dapat membuat tubuh tetap terhidrasi tetapi juga membuat proses mengunyah dan menelah lebih mudah.
 
Perhatikan makanan Anda
 
“Jika Anda makan makanan kering seperti kerupuk atau keripik kentang, pastikan Anda minum air,” kata Dr Messina.
 
Jika Anda merasa sakit atau tidak nyaman di mulut ketika mengonsumsinya, berhentilah memakannya. Memilih makanan yang lebih dingin bisa menjadi pilihan tepat.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif