Bagaimana perlakuan seseorang yang bisa disebutkan dengan silent treatment? Berikut selengkapnya. (Foto: Pexels.com)
Bagaimana perlakuan seseorang yang bisa disebutkan dengan silent treatment? Berikut selengkapnya. (Foto: Pexels.com)

Mengenal Silent Treatment yang Suka Digunakan untuk Mengontrol Orang Lain

Rona romansa psikologi kesehatan mental
Kumara Anggita • 20 September 2020 09:00
Jakarta: Pernahkah Anda mendengar tentang istilah silent treatment? Silent treatment adalah perilaku seseorang yang menolak untuk mendengarkan, berbicara, atau menanggapi orang di sekitarnya sehingga orang lain tersebut merasa tidak nyaman atau sedih.
 
Dikutip dari Psychology Today, Lisa Aronson Fontes Ph.D, penulis buku Invisible Chains menyebutkan bahwa banyak orang ingin menyakiti orang lain secara emosional dengan cara ini selama berjam-jam, berhati-hari, atau berminggu-minggu sehingga orang di sekitarnya merasa bahwa dirinya seperti hantu.
 
Diabaikan dengan cara ini sangat sulit bagi orang yang diisolasi oleh pelaku. Ini karena orang yang diperlakukan ini biasanya bergantung pada pelaku. Mereka mendapatkan validasi dan merasa berharga dan aman dari pelaku.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Banyak penyintas dari pelaku abusive (kasar) seperti ini mengatakan bahwa mereka membenci perlakuan diam-diam lebih dari penghinaan atau teriakan. 
 
Ketika mereka diteriaki, setidaknya mereka tahu apa yang ada dalam pikiran pelaku, dan dapat menilai keselamatan mereka sendiri dan anak-anak mereka dengan lebih baik. Keheningan yang sedingin batu dapat memperkuat perasaan rentan dan takut.
 
Ini tentunya bisa sangat merusak kesehatan mental seseorang. Oleh karena itu, bila Anda merasa sering diperlakukan dengan cara seperti ini, lebih baik Anda segera mengonsultasikan dengan psikolog dan meminta dukungan-dukungan dari orang sekitar. Dengan seperti itu, pelaku tidak bisa menyalahgunakan kekuasaannya terhadap emosi Anda.

 
(TIN)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif