Baik saat hamil atau sedang menstruasi, payudara terasa sakit. Berikut penjelasannya. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)
Baik saat hamil atau sedang menstruasi, payudara terasa sakit. Berikut penjelasannya. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

Kenapa Saat Menstruasi atau Hamil Payudara Terasa Sakit?

Rona kesehatan
Timi Trieska Dara • 10 Oktober 2019 07:00
Jakarta: Payudara yang sakit bisa datang dan pergi sepanjang hidup seorang wanita, dari masa puber hingga kehamilan dan seterusnya. Inilah yang perlu Anda ketahui dan cara mendapatkan bantuan.
 
Walaupun payudara yang sakit adalah salah satu tanda awal kehamilan yang dialami sebagian besar wanita, itu tidak selalu merupakan gejala yang pasti. 
 
Bahkan, jika sebagian besar wanita mengalami sakit atau nyeri payudara setiap kali haid atau menstruasi. Hormon-hormon Anda yang berfluktuasi harus disalahkan atas rasa sakit dan nyeri pada payudara, baik sebelum menstruasi tiba atau saat sedang terjadi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Anda juga mungkin memerhatikan bahwa payudara Anda menjadi lebih besar pada hari-hari menjelang menstruasi - ini adalah hasil dari peningkatan jumlah estrogen yang diproduksi oleh tubuh Anda. Progesteron mengambil alih begitu menstruasi Anda datang dan pergi, yang juga menyebabkan nyeri payudara.

Rasa di payudara

Beberapa wanita merasakan gejala ini seperti keras atau nyeri di seluruh payudara, sementara yang lain merasakan kesemutan di daerah sekitar puting susu.
 
Gejala yang sama ini, bagaimanapun, adalah salah satu yang paling pertama yang dialami sebagian besar wanita ketika mereka hamil, yang dapat menyebabkan kebingungan bagi mereka yang secara aktif mencoba — atau berusaha tidak — untuk hamil. Ini semua yang perlu Anda ketahui.
 
Kenapa Saat Menstruasi atau Hamil Payudara Terasa Sakit?
(Ketika sedang menstruasi, bisa jadi payudara yang terasa sakit, membuat mood Anda jadi buruk akibat rasa yang tak nyaman dan sensitif. Foto: Pexels.com)

Apa yang menyebabkan nyeri payudara selama kehamilan?

Jika Anda hamil - selamat! Alasan Anda untuk mengatasi nyeri payudara yang mengganggu sedikit berbeda, meskipun juga disebabkan oleh lonjakan hormon. Setelah sel telur dibuahi, tubuh Anda mulai memproduksi hormon kehamilan, yaitu estrogen, progesteron, dan prolaktin, yang merangsang payudara Anda dan menyebabkan kelenjar susu di dalamnya tumbuh untuk mempersiapkan peran utama mereka dalam memberi makan bayi Anda yang baru lahir. 
 
Apa yang diasakan sebenarnya semakin sakit saat payudara Anda bersiap untuk menyusui, dan rasa tidak nyaman itu mungkin datang dan pergi selama kehamilan.
 
"Kebanyakan wanita mengalami pembengkakan jaringan pada trimester pertama, yang menyebabkan payudara menjadi sakit dan empuk," kata James E. Ferguson II, M.D., profesor dan ketua departemen kebidanan dan ginekologi di Fakultas Kedokteran Universitas Virginia. Dan semua itu dapat disalahkan pada kimia tubuh Anda yang selalu berubah.
 
Pertama, hormon kehamilan progesteron dan human chorionic gonadotropin (hCG) menyebabkan peningkatan volume darah di seluruh tubuh dan membuat payudara Anda bertambah besar. 
 
Selanjutnya, hormon memicu perubahan melanosit, atau sel pigmen, yang memberi warna pada puting Anda. Sel-sel pucat mengelupas dan yang lebih gelap naik ke permukaan, membuat puting Anda lebih jelas, yang pada akhirnya akan membantu bayi Anda melihatnya lebih mudah. 
 
"Ini bisa menjelaskan mengapa beberapa wanita mengalami puting sensitif selama kehamilan," kata Sharon Phelan, M.D., seorang profesor kebidanan dan kandungan di Fakultas Kedokteran Pusat Ilmu Kesehatan Universitas New Mexico.
 
Kenapa Saat Menstruasi atau Hamil Payudara Terasa Sakit?
(Setelah sel telur dibuahi, tubuh Anda mulai memproduksi hormon kehamilan, yaitu estrogen, progesteron, dan prolaktin, yang merangsang payudara Anda dan menyebabkan kelenjar susu di dalamnya tumbuh untuk mempersiapkan peran utama mereka dalam memberi makan bayi Anda yang baru lahir. Foto: Pexels.com)
 
Kemudian, masih banyak lagi hormon yang memberi sinyal pada saluran susu di payudara Anda untuk mengaktifkan sekitar bulan ketiga kehamilan Anda. "Estrogen dan progesteron yang dibuat oleh plasenta mendorong perkembangan saluran di dalam jaringan payudara," kata Patrick Duff, M.D., seorang Ob-Gyn di University of Florida, Gainesville. 
 
"Saluran menjadi lebih besar dan mulai memproduksi dan menyimpan kolostrum, bentuk awal ASI," kata Duff. Hal ini dapat menyebabkan payudara Anda terasa sakit karena sel-sel itu harus direntangkan untuk memberikan ruang.
 
Semua perubahan cepat ini menyebabkan payudara Anda terasa agak tidak nyaman — terasa empuk saat disentuh dan terasa sakit. Tapi untungnya, rasa sakit mereda saat kehamilan berlangsung. 
 
"Kebanyakan wanita terbiasa dengan ketidaknyamanan setelah beberapa minggu pertama dan bahkan tidak menyadarinya ketika rasa sakit hilang sepenuhnya di masa kehamilan mereka," kata Phelan. Ini berarti Anda harus memiliki waktu untuk menikmati payudara baru Anda yang cukup lama sebelum si kecil tiba.

Apa yang mengurangi nyeri payudara selama kehamilan?

Kabar baiknya adalah rasa sakit kemungkinan akan berkurang saat kehamilan Anda berlanjut, tetapi sementara itu tidak banyak yang bisa Anda lakukan tentang payudara yang sakit di awal kehamilan. Untungnya, ada beberapa trik yang dapat membantu meringankan ketidaknyamanan Anda.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif