Jika Anda mudah marah dan rewel, mungkin salah satu faktornya kurang tidur. (Foto: Pexels.com)
Jika Anda mudah marah dan rewel, mungkin salah satu faktornya kurang tidur. (Foto: Pexels.com)

Yang Terjadi Ketika Anda Tidak Cukup Tidur

Rona kesehatan
Kumara Anggita • 09 Desember 2019 18:36

Jakarta: Pekerjaan yang membutuhkan Anda hingga berjam-jam. Tak jarang waktu delapan jam pun seperti masih kurang. Ini bisa jadi mengacaukan jam tidur Anda.
 
Tidak mendapatkan tidur ternyata bisa mengacaukan hari Anda, dan sayangnya Anda tidak bisa membahasakan perasaan tersebut. Dilansir dari Huffpost, ada beberapa hal yang terjadi pada Anda ketika tidak cukup tidur.

1. Suasana hati yang buruk

Sama seperti balita, ketika Anda tidak cukup tidur, Anda cenderung menjadi rewel, mudah tersinggung, atau tidak bahagia. Ini menjelaskan mengapa Anda jadi mudah marah-marah pada hal kecil ketika hanya tidur sedikit.
 
Yang Terjadi Ketika Anda Tidak Cukup Tidur
(Siasati waktu tidur Anda yang kurang. Foto: Pexels.com)

2. Ketidakpedulian

Pernahkan Anda sedang rapat atau berada di kelas dan rasanya sulit sekali untuk berkonsentrasi? Ahli Saraf, Dr Brian Murray menjelaskan, ini terjadi karena Anda kurang tidur. Keadaan ini bisa amat bahaya bila terjadi saat berkendara. Kurangnya fokus dapat saja membahayakan Anda ketika berkendara.

3. Risiko penyakit

Dr Murray mengatakan orang yang kurang tidur cenderung mengalami peningkatan berat badan dan berisiko lebih tinggi terkena diabetes dan penyakit kardiovaskular.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Murray mengatakan orang yang kurang tidur cenderung mengalami peningkatan berat badan dan berisiko lebih tinggi terkena diabetes dan penyakit kardiovaskular.
 
Karena itu, Anda perlu untuk memerhatikan pola tidur Anda agar terhindar dari hal-hal di atas. “Kebanyakan orang membutuhkan tujuh hingga sembilan jam tidur, dan mereka kurang tidur,” kata Murray.
 
Pastikan Anda mendapatkan tidur yang cukup mulai hari ini. Dengan seperti itu, Anda tidak akan merasa lelah dan hari Anda bisa jadi lebih produktif.
 


 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif