Apa saran para ahli mengenai pemulas bibir yang tepat? Berikut bisa Anda sontek. (Foto: Pexels.com)
Apa saran para ahli mengenai pemulas bibir yang tepat? Berikut bisa Anda sontek. (Foto: Pexels.com)

5 Kesalahan Umum Seputar Lipstik

Rona kecantikan
Timi Trieska Dara • 09 Februari 2020 08:00
Jakarta: Menemukan warna yang tepat untuk mencerahkan senyum membutuhkan latihan dan terkadang bantuan ahli. Apakah Anda sudah memiliki warna lipstik khas yang sama selama dekade terakhir atau mengubah isi tas make up Anda secara teratur, pilihan lipstik Anda harus berkembang seiring bertambahnya usia.
 
Apa saran para ahli mengenai pemulas bibir yang tepat? Berikut adalah lima kesalahan paling umum yang mereka lihat, dan apa yang harus dilakukan.

1. Mengenakan lipstik yang terlalu gelap atau cerah

Lipstik dengan warna berani itu menyenangkan untuk dipakai, ahli make up mengatakan penting memilih warna lipstik seiring bertambahnya usia. 
 
"Bibir cenderung menjadi lebih tipis seiring bertambahnya usia," kata Polina Bukovza, pakar kecantikan dan pendiri Nail Art Gear. "Nuansa gelap lipstik hanya meningkatkan fakta ini dengan membuat bibir tampak lebih tipis."

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Katelyn McCullough, petugas kecantikan untuk Elwynn + Cass, merekomendasikan lipstik berwarna terang seperti coral, nude, dan merah muda karena mereka membantu bibir terlihat lebih penuh dan lebih muda. 
 
"Yang terbaik adalah menghindari sesuatu yang terlalu terang dan keras karena itu menarik perhatian pada garis-garis halus atau ketidaksempurnaan dan dapat membuat wanita terlihat lebih tua," katanya.
 
5 Kesalahan Umum Seputar Lipstik
(Mengetahui warna kulit Anda adalah cara terbaik untuk memahami warna apa yang harus dicari di lorong make up. Foto: Pexels.com)

2. Tidak menggunakan lip liner

Yang mengejutkan, banyak ahli merekomendasikan untuk menggunakan lip liner untuk membantu bibir terlihat lebih muda. "Lip liner mempunyai banyak fungsi dalam menciptakan tampilan bibir yang indah dan dipoles," kata Bukovza. 
 
"Ini mencegah bulu-bulu dan pendarahan warna bibir ke dalam lipatan kecil di sekitar mulut." Ketika lipstik masuk ke garis-garis itu dapat menarik perhatian ke area yang lebih disukai wanita.
 
Gunakan lip liner yang lebih gelap daripada lipstik Anda untuk membantu bibir terlihat lebih padat. Kunci untuk menguasai lip liner: saat Anda mengaplikasikannya, padukan dengan lipstik menggunakan jari atau kuas. Mengisi bibir Anda dengan liner sebelum memoles lipstik juga dapat membuat tahan lama (seperti primer untuk bibir Anda!).

3. Memilih akhir yang salah

Seperti halnya eyeshadow dan foundation, lipstik juga harus menjadi pertimbangan. Sementara lipstik matte semakin populer saat ini, mereka juga bisa sangat mengering dan membuat bibir terlihat lebih tua. "Sebaliknya, lipstik berwarna krem dapat memberi nutrisi pada bibir dan membuatnya tampak lebih muda," kata Bukovza.
 
Hasil akhir kilau tinggi juga bisa menarik perhatian ke bibir, tetapi bukan cara yang baik. McCullough mengatakan lipgloss dan glossier lipstick biasanya dibuat untuk wanita yang lebih muda dan dapat terlihat tidak menarik di bibir yang lebih tua.

4. Memilih warna yang salah untuk rona kulit Anda

Mengetahui warna kulit Anda adalah cara terbaik untuk memahami warna apa yang harus dicari di lorong make up. Rick Dicecca, Direktur Kreatif Desain Rias untuk Artistry by Amway, mengatakan bahwa salah satu cara untuk mengetahuinya adalah dengan perhiasan yang paling Anda sukai (seperti, logam terbaik yang meratakan warna kulit Anda, bukan yang mana yang paling Anda sukai). 
 
Dia mengatakan bahwa jika Anda terlihat terbaik dalam perhiasan perak atau logam putih, menimbulkan nuansa sejuk. Jika perhiasan emas melengkapi Anda dengan baik, maka Anda mungkin memiliki nuansa hangat, dan jika Anda bisa melakukan keduanya maka Anda memiliki nuansa netral.
 
Urat Anda juga dapat mengungkapkan apakah Anda memiliki nuansa hangat atau dingin. Vena biru atau ungu biasanya menandakan tone dingin, sedangkan vena tampak kehijauan berarti Anda memiliki tone hangat.
 
Jadi bagaimana ilmu ini diterjemahkan menjadi lipstik? Jika kulit Anda memiliki nuansa dingin dan Anda ingin memakai lipstik merah, pilih yang bernada biru sebagai pengganti yang oranye, dan sebaliknya jika kulit Anda memiliki tone hangat. 
 
"Tetap di nada Anda sendiri akan membuat Anda terlihat segar, klasik, dan bersih," kata Dicecca. Untuk mengidentifikasi apakah lipstik memiliki nuansa hangat atau dingin, ujilah pada kulit Anda (pergelangan tangan atau lengan, misalnya). Lipstik dengan warna oranye akan lebih cerah dan lebih bersemangat.

5. Melewatkan hidrasi dan eksfoliasi

Seperti halnya kulit membutuhkan kelembapan untuk menjaga kulit tetap muda, begitu juga bibir. Saat Anda mengoleskan lipstik ke bibir kering, lipstik bisa meresap, yang tidak hanya memperkuat tampilan penuaan, tetapi juga membuat aplikasi lipstik tidak merata. 
 
Bukovza merekomendasikan penggunaan lip balm dan scrub untuk mengatasi kekeringan bibir. Lip balm yang sederhana dapat memberikan hidrasi harian yang dibutuhkan untuk menjaga bibir tampak lebih muda, dan scrub bibir yang berkualitas dapat mendorong aliran darah untuk bibir yang tampak lebih padat. Ikuti saran para ahli tentang lipstik - Anda akan terlihat lebih muda dan lebih percaya diri dengan pilihan Anda saat memilih warna baru.
 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif