Program 'Isi Piringku' raih CSR Award dari Kementerian Kesehatan. (Foto: Dok. Danone Indonesia)
Program 'Isi Piringku' raih CSR Award dari Kementerian Kesehatan. (Foto: Dok. Danone Indonesia)

Kementerian Kesehatan Beri CSR Award pada Program 'Isi Piringku'

Rona kesehatan
Yatin Suleha • 19 November 2019 12:42
Jakarta: Permasalahan pola makan yang tidak seimbang pada anak merupakan salah satu yang masih menjadi perhatian. Pola makan yang tidak seimbang akan mendorong anak mengalami kekurangan gizi yang akan membuat anak rentan terhadap penyakit dan menurunkan kemampuan anak dalam belajar dan beraktivitas.
 
Data Riskesdas 2019 mencatat, satu dari dua anak memiliki pola makan yang tidak seimbang. Selain langkah yang dilakukan oleh pemerintah untuk mengatasi hal tersebut, pihak swasta juga punya andil untuk dapat menanggulanginya.
 
Salah satu program yang berhasil dalam hal pola makan anak adalah Program Isi Piringku yang digawangi oleh Danone Indonesia. Perusahaan ini meraih CSR Award dari Kementerian Kesehatan Selasa, 12 November 2019 lalu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Program kampanye edukasi ‘Isi Piringku’ untuk anak usia 4-6 tahun menerima penghargaan Mitra Bakti Husada kategori Corporate Social Responsibility (CSR) Award bidang kesehatan tahun 2019 dari Kementerian Kesehatan.
 
Penghargaan ini diberikan oleh Menteri Kesehatan Dr. dr. Terawan Agus Putranto, Sp.Rad (K) dalam acara Anugerah Menteri Kesehatan dalam rangka memeringati Hari Kesehatan Nasional ke 55 kepada berbagai pihak termasuk Danone sebagai pihak swasta yang turut berkontribusi pada pembangunan kesehatan secara nyata di Indonesia.
 
Vera Galuh Sugijanto, VP General Secretary Danone Indonesia menyatakan, “Program Isi Piringku adalah bagian dari komitmen ‘One Planet, One Health’ di mana kami percaya bahwa apa yang kita makan akan memberikan dampak pada kesehatan kita dan keberlangsungan bumi."
 
"Program ini adalah wujud komitmen kami dalam mengupayakan peningkatan pemahaman orang tua, guru dan anak di masa usia dini tentang pentingnya peran nutrisi sebagai investasi terbaik untuk kesehatan dan prestasi mereka di masa depan.”
 
Edukasi tentang gizi seimbang sangat penting, mengingat masyarakat Indonesia masih dihadapkan dengan berbagai masalah kesehatan yang berkaitan dengan gizi. Antara lain, tingginya angka anemia pada ibu hamil dan tingginya angka prevalensi stunting.
 
Kementerian Kesehatan Beri CSR Award pada Program 'Isi Piringku'
(Program 'Isi Piringku' raih CSR Award. Foto: Dok. Danone Indonesia)

Mengenal program 'Isi Piringku'

Diluncurkan pada tahun 2017, Program Isi Piringku dilengkapi dengan modul pembelajaran yang dikembangkan bersama para ahli gizi dan kesehatan keluarga dari Insititut Pertanian Bogor.
 
Melalui kegiatan Training of Trainers, modul tersebut telah diimplementasikan untuk mengedukasi lebih dari 360 lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di 11 kabupaten/kota di propinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Nusa Tenggara Timur.
 
“Terdapat tiga akar masalah berbagai kondisi kekurangan gizi di Indonesia. Pertama adalah akses pangan bergizi, kemudian edukasi gizi, kesehatan dan pola asuh, serta akses air bersih, sanitasi dan perilaku hidup bersih dan sehat," papar Vera.
 
"Program Isi Piringku berfokus pada edukasi tentang asupan nutrisi dan pola makan yang baik sejak dini melalui panduan satu kali saji. Selain praktik tentang gizi seimbang, juga diperkenalkan ragam makanan bergizi, hidrasi sehat, gerak badan teratur, dan monitoring berat badan,” tambah Vera.
 
Tahun ini, Program Isi Piringku menargetkan edukasi di 1000 PAUD di 15 kabupaten/kota termasuk di Kabupaten Tangerang Selatan, Kabupaten dan Kota Bogor, Kabupaten Subang, Kabupaten Klaten, Kota Yogyakakarta, Kota Batu hingga Kabupaten Badung.
 
“Adalah sebuah kehormatan bagi Danone - Indonesia menerima penghargaan dari Kementerian Kesehatan. Semoga prestasi ini menjadi motivasi bagi kami dan pelaku usaha lainnya untuk lebih baik lagi ke depannya dalam berinovasi dan berkontribusi kepada perbaikan masyarakat Indonesia."
 
"Harapan kami melalui kolaborasi dengan berbagai pihak termasuk pemerintah, status gizi kesehatan masyarakat dapat meningkat, terutama di bidang kesehatan ibu dan anak sebagai fondasi masa depan Indonesia yang lebih sehat dan mandiri,” pungkas Vera.
 
Hadir juga dalam acara penganugerahan ini Karyanto Wibowo, Sustainable Development Director dan Wailayati Ningsih Senior Manager Sustainable Development Danone Indonesia.
 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif