Menurut Greebel, kacang macadamia mengandung sekitar 12 gram serat per cangkir. (Foto: Pixabay/Pexels)
Menurut Greebel, kacang macadamia mengandung sekitar 12 gram serat per cangkir. (Foto: Pixabay/Pexels)

Beberapa Makanan yang Kaya akan Kandungan Serat

Rona makanan sehat
Raka Lestari • 21 Mei 2019 07:11
Jakarta: Serat adalah bagian penting dalam asupan makanan sehari-hari. Menurut Mayo Clinic, serat dapat melancarkan pencernaan Anda dan mengurangi risiko kenaikan berat badan, penyakit jantung, dan diabetes.
 
Wanita setidaknya membutuhkan sekitar 21 hingga 25 gram serat sehari. Sementara pria harus menargetkan 30 hingga 38 gram serat dalam sehari. Dan berikut ini adalah beberapa sumber makanan yang kaya akan kandungan serat:

-Chia seeds

Biji-bijian yang dapat dimakan ini berasal dari Meksiko. Chia seeds sendiri mengandung protein, antioksidan, kalium dan asam lemak omega - 3 yang sehat.
 
Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, satu ons chia seeds mengandung sekitar sepuluh gram serat atau mengandung serat sekitar dua kali lipat lebih tinggi dari secangkir brokoli.

-Alpukat

Ahli gizi Jodi Greebel, MS, RDN, merekomendasikan alpukat bagi siapa pun yang ingin meningkatkan asupan serat mereka. Alpukat mengandung sekitar sepuluh gram serat per cangkir. Mereka juga dapat membantu menurunkan kolesterol, mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker, dan membantu menjaga gula darah tetap stabil.

-Kacang macadamia

Jika Anda menginginkan camilan yang kaya akan serat, bisa memilih kacang macadamia sebagai camilan Anda. Menurut Greebel, kacang macadamia mengandung sekitar 12 gram serat per cangkir.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Anda juga bisa menikmatinya dalam keadaan mentah atau dipanggang. Kacang macadamia kaya akan lemak, meskipun kandungan lemak di dalamnya termasuk lemak baik. Untuk itu sebaiknya usahakan untuk tidak mengonsumsinya berlebihan.

-Buah beri

"Saya sering merekomendasikan buah beri kepada klien saya yang ingin meningkatkan asupan serat mereka tetapi tidak ingin makan kacang," kata Jessica Cording, MS, RD, CDN, INHC.
 
Buah beri adalah cara yang nyaman dan lezat untuk menambahkan serat ke dalam makanan Anda. Raspberry adalah salah satunya yaitu sekitar Sembilan gram per porsi. Satu cangkir raspberry juga akan membantu Anda mendapatkan setengah vitamin C harian Anda. Buah ini juga rendah gula, tetapi tinggi antioksidan anti-penuaan.

-Kacang polong

Kacang hijau tidak hanya bebas kolesterol dan rendah lemak serta natrium, tetapi juga mengandung serat. Menurut USDA, satu cangkir kacang polong mengandung delapan gram serat. Selain itu, kacang polong juga mengandung 8,5 gram protein.
 
Iftar - Nasi Kebuli Iga Kambing

 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif