Menari adalah kegiatan yang mudah untuk dilakukan. (Ilustrasi/Pexels)
Menari adalah kegiatan yang mudah untuk dilakukan. (Ilustrasi/Pexels)

Menari Baik Buat Kesehatan Mental Anda

Rona kesehatan mental
Kumara Anggita • 21 Januari 2020 06:02
Jakarta: Menari adalah kegiatan yang mudah untuk dilakukan. Anda hanya butuh musik yang sesuai dengan mood Anda dan menggerakan semua bagian tubuh sesuai dengan irama.
 
Kegiatan simpel ini juga ternyata memberikan banyak manfaat positif, salah satunya adalah untuk kesehatan mental Anda.
 
Berikut beberapa penjelasan seperti dilansir dari Healthline

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meningkatkan kinerja kognitif
 
Jika Anda membutuhkan alasan kuat untuk memotibasi Anda bergerak, pertimbangkan menari. Banyak penelitian menunjukkan bagaimana menari dapat mempertahankan dan bahkan meningkatkan kemampuan Anda untuk berpikir seiring bertambahnya usia.
 
Menurut beberapa penelitian, para ilmuwan telah menemukan bahwa area otak yang mengendalikan ingatan dan keterampilan, seperti perencanaan dan pengorganisasian, mengalami peningkatan dengan berolahraga seperti menari.
 
Selain itu, tidak seperti bentuk latihan lainnya, tarian memiliki manfaat tambahan untuk meningkatkan keseimbangan melalui ritme dan musik. Penari profesional Jonathan Tylicki mengatakan, kegiatan ini menggabungkan gerakan pada semua bidang gerak dan dari semua arah. Melalui gerakan tersebut, semua otot jadi bekerja.
 
Menantang otak Anda
 
Jika Anda pernah mencoba tarian tap, maka Anda tahu persis apa yang dimaksud dengan menari menantang otak Anda.
 
Tylicki menunjukkan bahwa Anda membutuhkan kekuatan otak yang cukup banyak untuk menari. Kegiatan ini mengharuskan Anda untuk fokus pada perubahan gerakan yang konstan dan mengingat gerakan dan pola.
 
Ini adalah bentuk latihan mental yang bagus untuk pikiran Anda, berapapun usia Anda. Menari adalah kegiatan yang mudah,  menyenangkan, dan menyehatkan. Oleh karena itu, tak perlu menunggu lagu untuk putar lagu favorit Anda dan gerakan tubuh Anda sesuai irama.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif