Sebelum terserang suatu penyakit yang lebih spesifik, biasanya tubuh akan mengalami semacam masa inkubasi. Gejala tersebut yang seringkali membuat tubuh terserang masalah kesehatan, bisa berupa pegal linu, sakit kepala atau nyeri otot. (Foto: Pexels.com)
Sebelum terserang suatu penyakit yang lebih spesifik, biasanya tubuh akan mengalami semacam masa inkubasi. Gejala tersebut yang seringkali membuat tubuh terserang masalah kesehatan, bisa berupa pegal linu, sakit kepala atau nyeri otot. (Foto: Pexels.com)

Masuk Angin, Penyakit Apakah Itu?

Rona kesehatan
Dhaifurrakhman Abas • 12 Juni 2019 17:46
Sebelum terserang suatu penyakit yang lebih spesifik, biasanya tubuh akan mengalami semacam masa inkubasi. Gejala tersebut yang seringkali membuat tubuh terserang masalah kesehatan, bisa berupa pegal linu, sakit kepala, menggigil, nyeri otot bahkan rasa lelah yang berkepanjangan yang sering disebut sebagai masuk angin.
 

 
Jakarta: Maskarakat Indonesia tentu sudah tidak asing dengan kata masuk angin. Kondisi ini sering didefinisikan ketika tubuh terasa pegal linu, sakit kepala, nyeri otot maupun lelah berkepanjangan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tapi taukah Anda, istilah masuk angin rupanya hanya dikenal di Indonesia saja? Singkat kata, istilah masuk angin tidak ada dalam dunia medis, baik dalam ilmu kedokteran maupun dalam kamus kedokteran.
 
Hal itu pula yang dijelaskan Dr. dr. Jo Edy Siswanto Sp.A (K). Dokter Spesialis Anak dari Rumah Sakit Royal Taruma Jakarta ini bilang, masuk angin merupakan suatu kondisi prodromal (tanda atau gejala awal/atau serangkaian tanda dan gejala). Artinya, masuk angin merupakan gejala kesehatan yang timbul sebelum penyakit sebenarnya dapat terdiagnostik.
 
"Itu (masuk angin) mungkin kalau dimasukkan ke gejala medis menurut saya merupakan suatu gejala prodromal," ujar Dr. Jo kepada Medcom.id, beberapa waktu lalu.
 
Sebelum terserang suatu penyakit yang lebih spesifik, biasanya tubuh akan mengalami semacam masa inkubasi. Gejala tersebut yang seringkali membuat tubuh terserang masalah kesehatan, bisa berupa pegal linu, sakit kepala, menggigil, nyeri otot bahkan rasa lelah yang berkepanjangan.
 
Masuk Angin, Penyakit Apakah Itu?
(Maskarakat Indonesia tentu sudah tidak asing dengan kata masuk angin. Kondisi ini sering didefinisikan ketika tubuh terasa pegal linu, sakit kepala, nyeri otot maupun lelah berkepanjangan. Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)
 
“Di mana kuman atau bakteri atau benda-benda asing itu masuk ke tubuh yang mengganggu fungsi tubuh pada tahap awal," sambung dia.
 
Beberapa orang merasa terserang masuk angin ketika di luar ruangan yang dingin atau saat kondisi hujan. Angin dingin yang masuk ke dalam tubuh mereka dipercaya menjadi penyebab utama.
 
Namun angin bukanlah hal yang menyebabkan seseorang menjadi sakit. Kondisi ini lebih dipercaya terjadi karena tubuh  kurang terpapar sinar matahari yang kerap terjadi saat musim dingin atau hujan tiba.

Kurang vitamin D

Kurang terpapar sinar matahari membuat produksi vitamin D di dalam tubuh merosot. Karena Vitamin D yang berperan dalam daya tahan tubuh, ini merosot, maka tubuh lebih rentan terinfeksi virus maupun bakteri.
 
Majalah Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism edisi Oktober 2008 melaporkan sebuah penelitian yang dilakukan Medical University of Graz, Austria, menemukan bahwa kekurangan vitamin D meningkatkan risiko penyakit jantung, gagal jantung, dan kematian mendadak.
 
Dalam sebuah studi yang dirilis pada Mei 2014, dalam Journal Clinical Cancer Research disebutkan bahwa terdapat hubungan antara kekurangan vitamin D dengan kanker prostat terhadap pria Eropa-Amerika, dan Afrika-Amerika.
 
Jika Anda merasakan beberapa gejala "masuk angin" tersebut ada baiknya Anda beristirahat serta konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas. Anda bisa menghubungi beberapa rumah sakit seperti Rumah Sakit Royal Taruma, RSCM, atau Rumah Sakit Jakarta. Atau hubungi pusat layanan kesehatan di dekat rumah Anda.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif