NEWSTICKER
Masalah kulit menjadi masalah yang berpotensi timbul pada musim hujan. (Ilustrasi/Pexels)
Masalah kulit menjadi masalah yang berpotensi timbul pada musim hujan. (Ilustrasi/Pexels)

Cara Menjaga Kulit Tetap Sehat di Musim Hujan

Rona kesehatan kulit
Raka Lestari • 04 Januari 2020 09:07
Jakarta: Masalah kulit merupakan salah satu masalah yang mungkin juga timbul pada musim hujan. Kelembapan pada musim hujan tentu akan berpengaruh pada kulit.
 
Seperti dialnsir indiatoday, jika Anda memiliki kulit yang berminyak secara alami, kelembapan pada musim hujan membuat Anda cenderung lebih mudah berjerawat. Sedangkan jika Anda memiliki kulit yang kering, menggunakan pelembap pada kulit juga dapat menyebabkan jerawat.
 
Untuk mencegah berbagai masalah yang timbul pada kulit saat musim hujan, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan: 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Rutin menggunakan skincare 
 
Dr Vivek Mehta, seorang ahli dermatologi dari New Delhi menjelaskan bahwa skincare yang dilakukan meliputi sabun pembersih, toner dan pelembap. Untuk kulit berminyak, ia menyarankan pelembab yang berbahan dasar air. Dan pada musim hujan, ia menyarankan untuk menggunakan tabir surya dengan SPF 30 yang tahan air.
 
Makanan yang harus dikonsumsi 
 
Dr Vivek mengatakan kelembaban di musim hujan dapat menyebabkan masalah kulit seperti bintik hitam, jerawat, dan ruam. Dehidrasi dapat menyebabkan warna kulit tidak merata. Mengonsumsi kunyit memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat digunakan untuk jerawat, pigmentasi.
 
Sedangkan pare adalah sumber yang kaya akan Vitamin C dan dapat ditambahkan untuk meningkatkan warna kulit. Teh hijau juga baik dikonsumsi karena dapat menetralkan radikal bebas dan memberi cahaya pada kulit. Hindari produk susu untuk memperburuk jerawat di musim hujan.
 
Makanan yang harus dihindari 
 
Menurut Dr Vivek, tanaman umbi-umbian dan sayuran berdaun hijau harus dihindari selama musim hujan karena ketika sayuran ini dipetik dari akarnya, lumpur dan kotoran yang basah ikut menempel dan jika tidak dicuci dengan benar mereka dapat menyebabkan alergi dan infeksi. Hindari makan semangka dan melon di musim hujan karena buah-buahan ini tinggi kadar airnya dan menyebabkan retensi air dalam tubuh. Hindari terlalu sering memakan mangga karena dapat menyebabkan jerawat.
 
Hal yang perlu dihindari saat musim hujan 
 
Dr Shehla Agarwala dari Mehak Derma and Surgery clinic, New Delhi menyarankan untuk mengusahakan agar kulit tetap kering pada musim hujan. Hal ini karena kelembapan lapisan minyak pada kulit merupakan iritan pada kulit, yang dapat menyebabkan kulit menjadi gatal. Ia juga menyarankan untuk menggunakan bedak tabur untuk mencegah kulit berminyak.
 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif