Di bawah ini, ada lima hal yang dilakukan orang tangguh setelah patah hati menurut sejumlah terapis. (Foto: Matt Lamers/Unsplash.com)
Di bawah ini, ada lima hal yang dilakukan orang tangguh setelah patah hati menurut sejumlah terapis. (Foto: Matt Lamers/Unsplash.com)

Lima Hal yang Dilakukan Orang Tangguh Setelah Patah Hati

Rona psikologi
Sunnaholomi Halakrispen • 23 Januari 2019 06:00
Jakarta: Perpisahan atau patah hati membuat orang yang terkuat sekalipun merasa tak berdaya bahkan putus asa. Tetapi jika Anda tetap optimis dan melakukan upaya positif untuk menyembuhkannya, Anda bisa lebih kuat dari sebelumnya.
 
Di bawah ini, ada lima hal yang dilakukan orang tangguh setelah patah hati menurut sejumlah terapis.
 
1. Tidak mencoba kembali bersama mantan

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jangan pernah mencoba kembali bersama mantan pacar Anda. Mungkin Anda masih berharap mantan pacar atau bahkan Anda mengirim pesan di malam hari seperti dahulu.
 
Namun, kata Terapis pernikahan dan keluarga di Denver, Colorado, Aaron Anderson, orang yang tangguh berupaya menahan godaan untuk mengirim pesan.
 
2. Tidak menyalahkan diri sendiri
 
Olga Bloch selaku terapis pernikahan dan keluarga di Rockville, Maryland, menyatakan bahwa orang-orang yang tetap positif pascaperpecahan mencoba mempertahankan beberapa perspektif sambil mengatasi perasaan mereka.
 
Orang tangguh mengakui bahwa mereka membuat kesalahan yang menyebabkan perpisahan tetapi bukan menyalahkan diri sendiri, mereka bertanggung jawab atas kesalahan itu dan fokus untuk menjadi orang yang lebih kuat, lebih pintar.
 
"Menyalahkan diri sendiri hanya akan mengurangi harga diri dan akan timbul perasaan menggerogoti diri sendiri. Tindakan ini membuat Anda merasa tidak berdaya, tidak mudah dicintai, dan ingin kembali ke suatu hubungan," kata Bloch.
 
Lima Hal yang Dilakukan Orang Tangguh Setelah Patah Hati
(Perpisahan atau patah hati membuat orang yang terkuat sekalipun merasa tak berdaya bahkan putus asa. Tetapi jika Anda tetap optimis dan melakukan upaya positif untuk menyembuhkannya, Anda bisa lebih kuat dari sebelumnya. Foto: Nick Herasimenka/Unsplash.com)
 
(Baca juga: Empat Hal yang Harus Dilakukan Setelah Putus Cinta)
 
3. Mereka menyadari perlunya menutup diri
 
Orang yang tangguh tidak membiarkan diri mereka secara mental mengulangi kisah perpisahan dengan mantan dan mereka tentu tidak membuang waktu mengintai Facebook mantan.
 
Orang tangguh menyadari perlunya menutup diri dengan tidak menghubungi mantan kekasihnya. Hal tersebut untuk melanjutkan hidup tanpa bayangan sang mantan.
 
4. Tidak menganggap diri tidak aman
 
Orang tangguh tidak menganggap diri mereka tidak aman hanya karena mantan mereka tidak mencintai mereka lagi. Nilai Anda sebagai pribadi sama sekali tidak terkait dengan betapa Anda inginkan mantan pacar.
 
Orang tangguh akan tetap percaya diri dan merasa menjadi sasaran utama walaupun dilupakan mantannya.
 
5. Tidak membawa masa lalu ke hubungan selanjutnya
 
Setiap orang memiliki serangkaian kisah masa lalu. Apa yang membuat orang-orang tangguh dari orang lain adalah kesediaan mereka untuk menghadapi roh-roh jahat kenangan masa lalu.
 
Selain itu, membereskan segala sesuatunya sehingga mereka akan menjalin hubungan selanjutnya dengan lebih kuat.
 
Perpisahan bersama mantan bukan salah mereka, tetapi mereka tidak takut untuk mengenali hal-hal salah yang mereka lakukan hingga berpisah dengan mantan. Mereka mencoba memperbaikinya sehingga mereka tidak membawa masalah yang sama ke dalam hubungan berikutnya.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif