Mengurangi Makan Tidak Dapat Mengecilkan Perut

Torie Natalova 07 Desember 2018 13:44 WIB
kesehatan
Mengurangi Makan Tidak Dapat Mengecilkan Perut
Mengurangi Makan Tidak Dapat Mengecilkan Perut (Foto: gettyimages)
Jakarta: Banyak pendapat dari masa lalu yang mengatakan jika Anda mengurangi asupan makanan dapat membuat perut mengecil. Namun ternyata, itu hanyalah mitos bahwa perut bisa menyusut karena mengurangi makanan harian.

Anda mungkin pernah mendengar bahwa bagaimana mengurangi kalori dapat mengatur ulang selera makan Anda. Lalu, ini akan membuat perut elastis Anda benar-benar menyusut sehingga Anda dapat mengisinya dengan porsi yang lebih kecil.

Ahli pencernaan Nitin Kumar mengatakan, perut Anda seperti karet gelang yang memungkinkannya untuk mengubah ukuran. Sebagai contoh, elastisitas membuatnya lebih mudah untuk dihancurkan ketika mendapatkan porsi makanan yang banyak, yang membantu Anda terhindar dari kelaparan.


Perut Anda mampu dengan cepat kembali ke ukuran normal setelah menerima banyak makanan. Tapi, ini tidak kemudian menjadi lebih kecil. Semua perut berukuran sama, terlepas dari ukuran berat badan masing-masing individu.

Baik orang dengan berat badan normal maupun obesitas, ukuran perut setiap manusia hampir sama. Makan dengan porsi lebih sedikit tidak akan mengecilkan perut Anda. Bahkan, sebagian besar dari kita cenderung merasa lapar ketika kita memangkas asupan kalori.

Menurut Nitin, tubuh Anda mulai berpikir bahwa Anda sedang kelaparan. Jadi, Anda mendapat banyak respons fisiologis dan hormonal untuk mencoba mengembalikan Anda ke berat badan normal. Sistem pencernaan dipenuhi dengan hormon kelaparan atau ghrelin yang membuat makanan menjadi sulit untuk dihindari.

Pada saat yang sama, suhu tubuh dan metabolisme Anda melambat sebagai upaya untuk menghemat energi. Agar berhasil menurunkan berat badan dengan cara memangkas asupan makanan, kurangilah makanan secara bertahap. Ini dilakukan agar tubuh tidak panik. Cobalah dengan mengurangi 100-200 kalori per hari.

Cara ini diyakini dapat membantu menurunkan berat badan secara perlahan dan berkelanjutan, tetapi tidak terlalu banyak sehingga tubuh tidak berpikir Anda sedang kelaparan.

 



(ELG)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id