Mitosnya membersihkan telinga baik. Namun, Anda perlu berhati-hati. Karena bisa jadi kotoran malah tambah masuk ke dalam. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)
Mitosnya membersihkan telinga baik. Namun, Anda perlu berhati-hati. Karena bisa jadi kotoran malah tambah masuk ke dalam. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

Mitos Cara Membersihkan Tubuh

Rona kesehatan
Sunnaholomi Halakrispen • 15 Maret 2019 20:43
Beberapa cara membersihkan tubuh seperti telinga, mencukur bulu kaki atau tangan, dan menyabuni area sensitif Anda dilakukan. Tapi ada mitos yang tak benar. Misalnya, tak perlu menggunakan sabun antiseptik pada area intim Anda karena dapat memengaruhi  keseimbangan bakteri baik.
 

 
Jakarta:
Tubuh yang bersih menjadikan diri terbebas dari kuman dan berbagai penyakit. Namun, sering kali kita melakukan tindakan membersihkan diri yang ternyata dengan cara salah. Berikut di bawah ini sejumlah mitosnya.

1. Menyeka telinga

Menyeka telinga dengan kapas (cotton bud) mungkin terasa enak, tetapi kapas mendorong kotoran telinga lebih dalam. Terlebih lagi, Anda bahkan dapat merusak gendang telinga atau tulang-tulang kecil yang membantu Anda mendengar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Idealnya, bersihkan daun telinga cukup dengan jari tangan Anda. Namun, apabila telinga Anda terasa penuh kotoran, Anda mendengar sesuatu yang tak nyaman, atau Anda kesulitan mendengar, segera temui dokter spesialis THT.

2. Mencukur tepat sebelum pedikur

Ketika melakukan pedikur di salon, Anda mungkin tidak ingin perawat kuku merasakan ada bulu di kaki Anda. Tetapi, Anda akan mendapatkan sedikit kerusakan pada kulit tepat setelah Anda bercukur.
 
Kondisi tersebut merupakan titik masuk yang sempurna untuk semua bakteri di bak mandi kaki. Selanjutnya, berisiko menyebabkan infeksi pada kulit kaki.
 
Sebaiknya, hindari mencukur setidaknya 24 jam sebelum pedikur. Pada waktu itu, jangan biarkan perawat kecantikan memotong kutikula Anda, karena itu juga menciptakan celah bagi kuman untuk memasuki tubuh Anda.
 
(Baca juga: Cara Mudah Pedikur Sendiri di Rumah Selama 7 Menit)
 
Mitos Cara Membersihkan Tubuh
(Hindari mencukur bulu kaki dengan pisau yang tumpul serta paling tidak hindari men-scrubing paling tidak beberapa jam setelah mencukur bulu. Foto: Pexels.com)

3. Bertukar pisau cukur

Jika Anda menggunakan pisau cukur tumpul untuk mencukur, Anda mungkin harus melewati area yang sama selama beberapa kali untuk membuatnya halus. Namun, tindakan itu menimbulkan luka kecil pada kulit Anda yang dapat menyebabkan benjolan, ruam, iritasi, dan infeksi.
 
Ketika setelah sekitar lima hingga tujuh kali pencukuran atau kapan pun, Anda akan butuh mengulang membersihkan area tersebut beberapa kali. Pada saat itulah pertanda bahwa Anda sebaiknya mengganti pisau cukur Anda.

4. Menyabuni area sensitif

Vulva dan vagina sangat sensitif. Jadi, hindari sabun keras yang beraroma atau antiseptik karena dapat menjauhkan keseimbangan bakteri yang menjaga area sehat tubuh Anda.
 
Hal yang sama berlaku untuk tisu beraroma dan deodoran vagina. Yang Anda butuhkan hanyalah sabun biasa (bukan antiseptik) bahkan tanpa sabun untuk mencuci lembut di sekitar area sensitif Anda setiap harinya.

5. Menghentikan keringat dengan deodoran

Jika Anda memiliki ketiak yang lengket atau berkeringat, mungkin Anda terpikirkan untuk mengenakan deodoran. Namun, deodoran sering kali membuat bekas kuning pada baju atau bahkan membuat ketiak beraroma tidak sedap setelah lama digunakan. Sebenarnya, antiperspirant adalah apa yang Anda butuhkan.
 
Kandungan ini menghentikan kelembapan dengan memasang kelenjar keringat. Apabila Anda memakainya saat mandi pagi, bacalah instruksi terlebih dahulu. Beberapa produk sebaiknya digunakan pada malam hari dan pagi hari pada kulit kering.

6. Menggosok wajah

Anda tidak perlu menggosok wajah dengan waslap untuk membersihkan kotoran di wajah Anda. Apa yang dibutuhkan kulit Anda adalah pijatan lembut dengan ujung jari dan pembersih ringan. Cucilah wajah Anda sekali atau dua kali sehari dengan air hangat. Anda bisa menggunakan tisu bersih untuk membasuh air di wajah Anda.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi