Donita Sarankan Ibu Hamil dan Menyusui Hindari Junk Food
Aktris Donita dalam Kampanye Bunda Peduli Asupan Sehat di Yogyakarta, Sabtu (13/10) (Foto: Patricia Vicka)
Yogyakarta: Aktris dan presenter cantik Donita membeberkan rahasianya menjaga gizi dan nutrisi sang buah hati. Ibu dua anak ini rutin mengonsumsi suplemen.

"Ada beberapa bumil yang enek dan mual waktu hamil. Mau makan apa saja susah. Gizi dan Nutrisi jadi enggak terserap dengan baik," ujar Donita saat menjadi pembicara di Kampanye Bunda Peduli Asupan Sehat (PAS)  yang diadakan oleh PT Kalbe Blackmores Nutrition di Yogyakarta, Sabtu 13 Oktober 2018.

Sejak awal kehamilan anak kedua, wanita asli Bandung ini kerap merasa mual dan muntah. Nafsu makan berkurang. Semua makanan yang masuk sering dimuntahkan kembali. Akibatnya gizi dan nutrisi tak terserap dengan baik.


"Waktu hamil anak kedua, saya selalu bawa kantong plastik ke mana-mana. Gara-gara sedikit-sedikit muntah," kata dia.

Istri dari Adi Nugroho ini kemudian mengonsumsi Blackmores Pregnancy & Brest-Fedding Gold saat hamil anak kedua. Walau kini berstatus ibu menyusui, Donita tetap rutin mengonsumsi suplemen tersebut. Menurutnya ibu menyusui tetap butuh suplemen untuk meningkatkan kualitas ASI.

Donita menyarankan ibu hamil (bumil) dan ibu menyusui (busui) mengonsumsi suplemen, vitamin dan makanan sehat ketimbang junk food. Sebab suplemen membantu memenuhi gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh janin dan bayi.

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan dr Edo Raditya, Sp.OG mengatakan, sangat penting untuk menjaga asupan nutrisi si kecil selama 1000 hari pertama kehidupan. Setiap ibu diharapkan memahami pentingnya pemenuhan asupan gizi dan nutrisi si kecil sesuai angka kebutuhan gizi yang ditetapkan pemerintah.

"Kalau nutrisi dan gizinya cukup, tumbuh kembangnya bisa optimal. Supaya nutrisi bisa terserap baik, bisa dibantu suplemen," tuturnya.

Ibu hamil, lanjutnya, membutuhkan asupan asam folat sebanyak 400-600 mikrogram setiap hari untuk mencegah janin cacat. Sementara ibu menyusui membutuhkan 500 mikrogram. Selain itu bumil dan busi juga membutuhkan asupan kalsium, zat besi, Vitamin C, B1, B2, B3 dan Yodium. Seluruh nutrisi dan vitamin itu bisa didapatkan dari sayuran, buah dan lauk sehari-hari.

Sayangnya, tak banyak bumil dan busui yang mau makan sehat seperti sayur dan buah. Maka perlu diimbangi dengan minum suplement.





 



(ELG)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id