Menurut penelitian baru, anak-anak dengan waktu tidur yang teratur mungkin lebih sehat saat remaja. (Foto: Annie Spratt/Unsplash.com)
Menurut penelitian baru, anak-anak dengan waktu tidur yang teratur mungkin lebih sehat saat remaja. (Foto: Annie Spratt/Unsplash.com)

Manfaat Waktu Tidur Teratur bagi Si Kecil

Rona perkembangan anak
Raka Lestari • 24 Desember 2018 15:02
Jakarta: Membuat anak-anak tertidur memang tidaklah mudah dan terkadang orang tua membiarkan anak-anak tertidur dengan sendirinya. 

Dan menurut penelitian baru, anak-anak dengan waktu tidur yang teratur mungkin lebih sehat saat remaja. Waktu tidur dapat menjadi tantangan bagi orang tua tetapi hal itu bisa menjadi hal yang perlu diusahakan oleh orang tua.

Semua orang tahu bahwa Anda perlu tidur, tetapi mungkin tidak banyak orang tua yang mengetahui jumlah waktu tidur yang tepat bagi anak-anak. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Aturan umum untuk orang dewasa adalah tidur delapan jam setiap malam, tetapi itu tidak berlaku bagi anak-anak. Untuk anak-anak prasekolah (3 hingga 5 tahun) dan anak-anak usia sekolah (6 hingga 13 tahun), National Sleep Foundation merekomendasikan bahwa mereka harus mendapatkan 10 hingga 13 atau 9 hingga 10 jam waktu tidur.

(Baca juga: Cara Mengajari Bayi Pola Tidur Teratur)


(Foto: Laura Lee Moreau/Unsplash.com)

Para peneliti dari Penn State University memublikasikan hasil penelitiannya dalam jurnal SLEEP. Mereka menemukan bahwa anak-anak yang tidak memiliki waktu tidur yang rutin dan memiliki waktu tidur yang kurang cukup memiliki BMI yang lebih tinggi pada mereka berusia 15 tahun dibandingkan kelompok anak-anak yang tidur secara teratur.

Salah satu penulis studi, Orfeu Buxton, profesor kesehatan biobehavioral di Penn State University, mengatakan "Pola pengasuhan di masa anak-anak memengaruhi kesehatan fisik dan BMI mereka pada saat remaja."

"Mengembangkan rutinitas yang tepat di masa kanak-kanak sangat penting untuk kesehatan masa depan anak. Kami pikir tidur memengaruhi kesehatan fisik dan mental, dan kemampuan untuk belajar."

Rutinitas sangat penting untuk anak-anak karena itu membantu mereka merasa aman dan juga membantu mereka mengembangkan disiplin diri. 

Mereka juga membantu meminimalkan tingkat keegoisan mereka dan memberi anak rasa kepemilikan atas kegiatan mereka sehari-hari. Rutinitas ini dapat mencakup ciuman selamat malam, membacakan buku, dan aspek kebersihan rutin seperti mandi dan menyikat gigi.





(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi