Menurut survei 36 persen orang lebih suka menggunakan penolak alami, seperti rempah di sekeliling mereka seperti lemon eucalyptus, minyak peppermint, atau minyak serai. (Foto: Pexels.com)
Menurut survei 36 persen orang lebih suka menggunakan penolak alami, seperti rempah di sekeliling mereka seperti lemon eucalyptus, minyak peppermint, atau minyak serai. (Foto: Pexels.com)

Cara Alami Cegah Gigitan Nyamuk

Rona tips dan trik teknologi
Sunnaholomi Halakrispen • 12 Maret 2019 20:22
Selain dengan penggunaan semprotan itu, Anda dapat menghalau gigitan nyamuk dengan obat anti nyamuk. Bahkan, menurut survei, 36 persen orang lebih suka menggunakan penolak alami, seperti rempah di sekeliling mereka seperti Lemon eucalyptus, minyak peppermint, atau minyak serai.
 

 
Jakarta:
Gigitan nyamuk tidak sekedar menyebabkan rasa perih di kulit, namun juga berisiko terkena penyakit fatal seperti Demam berdarah dan lainnya. Sementara itu, Anda tidak bisa tidak bertemu dengan serangga itu baik ketika berada di dalam maupun luar ruangan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ada cara alami yang dapat Anda terapkan untuk mencegah gigitan nyamuk. Salah satunya dengan menggunakan semprotan anti nyamuk yang mengandung DEET (diethyltoluamide).
 
Berdasarkan sebuah survei yang diterbitkan pada Juli 2018 di Peer J - The Journal of Life and Environmental Sciences, semprotan DEET memiliki efek tahan lama terhadap nyamuk.
 
"Akan tetapi, ada beberapa kekhawatiran tentang efek samping potensial dari semprotan tersebut. Di antaranya ialah iritasi pada kulit, kemerahan, ruam, hingga pembengkakan," sebut  Deniz Sahinturk dalam artikel bertajuk "7 Natural Ways to Prevent Mosquito Bites."
 
Menurut Joseph Conlon, seorang pensiunan ahli entomologi Angkatan Laut AS dan penasihat teknis untuk American Mosquito Control Association, hal itu tidak perlu dikhawatirkan.
 
"DEET adalah produk yang terdaftar oleh EPA (Badan Perlindungan Lingkungan), dan tidak menimbulkan risiko yang tidak masuk akal. Jika Anda menggunakannya dengan bijaksana seharusnya tidak ada masalah. Maksud saya, jangan meminumnya," kata Conlon.
 
Selain dengan penggunaan semprotan itu, Anda dapat menghalau gigitan nyamuk dengan obat anti nyamuk. Bahkan, menurut survei, 36 persen orang lebih suka menggunakan penolak alami, seperti rempah di sekeliling mereka. Berikut di bawah ini beberapanya.
 
(Baca juga: Gunakan Ini untuk Menghilangkan Gatal dan Bengkak Gigitan Nyamuk)

1. Lemon eucalyptus

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) telah mengklasifikasikan lemon eucalyptus sebagai penolak gigitan nyamuk yang terdaftar EPA.
 
Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan pada Juni 2014 di jurnal Fitoterapia, minyak esensial lemon eucalyptus ditemukan untuk memberikan perlindungan 100 persen terhadap nyamuk hingga 12 jam. Namun, sebaiknya hindari pemakaian pada anak di bawah usia tiga tahun.

2. Minyak catnip

Kebanyakan orang hanya mengetahui bahwa catnip bermanfaat untuk kucing. Tetapi bisa juga digunakan sebagai ramuan kuliner dan penelitian menunjukkan catnip dapat digunakan untuk mengusir nyamuk juga. Minyak catnip yang telah disetujui EPA akan memberikan Anda tujuh jam perlindungan dari gigitan nyamuk.

3. Minyak peppermint

Minyak peppermint adalah insektisida alami dan pengusir nyamuk. Anda bisa mencampurkan minyak ini dengan aroma lain, seperti lemon, dan gosokkan ke kulit Anda untuk aroma mint.
 
Namun minyak ini merupakan minyak panas yang menyebabkan sensasi hangat ketika dioleskan langsung ke kulit, bahkan mungkin menyebabkan ruam kulit. Untuk mencegah iritasi pada kulit, disarankan melarutkan minyak peppermint dengan minyak pembawa seperti minyak canola.

4. Minyak serai

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada Juli 2016 di World Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences, minyak serai atau sereh dapat dibandingkan dengan penolak nyamuk komersial. Sementara itu, mencampurkan minyak serai dengan minyak esensial lain seperti minyak kulit kayu manis akan lebih ampuh menghindari gigitan nyamuk.

7. Hilangkan standing water

Setiap kolam atau genangan air di sekitar rumah atau halaman Anda dapat dengan cepat menjadi tempat berkembang biak nyamuk. Menurut Mayo Clinic, Anda perlu menjaga daerah sekitar rumah agar terbebas dari hinggapan nyamuk dengan menghentikan talang atap.
 
Kemudian, bersihkan kolam anak-anak, ganti air di tempat pemandian burung setiap minggu. Selain itu, pastikan air hujan tidak menumpuk di tempat sampah serta simpanlah pot bunga atau wadah lain yang tidak digunakan dalam posisi terbalik atau telungkup.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif