Tindakan yang Harus Dilakukan pada Kasus Rahim Lubang Tuba Tertutup

Yatin Suleha 14 Juni 2018 08:00 WIB
kesehatankehamilan
Tindakan yang Harus Dilakukan pada Kasus Rahim Lubang Tuba Tertutup
"Jika sumbatan lubang tertutup terjadi akibat endometriosis, maka haidnya akan terasa sakit," ujar dr. Handi Suryana, SpOG, dari Rumah Sakit Royal Taruma, Jakarta. (Foto: Averie Woodard/Unsplash.com)
Jakarta: Sebelumnya sempat dijelaskan bahwa salah satu sulitnya mendapatkan keturunan salah satunya bisa dikarenakan lubang tuba yang tertutup.

Jika pemeriksaan serta diagnosis sulitnya hamil Anda atau pasangan Anda sudah pasti disebabkan karena lubang tuba yang tertutup, dr. Handi Suryana, SpOG, dari Rumah Sakit Royal Taruma, Jakarta menerangkan ada dua prinsip yang bisa dilakukan.

1. Operasi saluran telur (Tuboplasti)
Proses peniupan juga merupakan salah satu Tuboplasti.


2. Bayi tabung
"Pada metode bayi tabung, pada kasus infertilitas yang disebabkan karena saluran telur, kemungkinan berhasilnya adalah paling tinggi. Metode bayi tabung saat ini lebih banyak digemari karena operasi tuba juga memakan biaya yang mahal dan kemungkinan berhasil juga kecil, sehingga lebih banyak pasutri yang memilih bayi tabung," ujar dr. Handi.


("Metode bayi tabung saat ini lebih banyak digemari karena operasi tuba juga memakan biaya yang mahal dan kemungkinan berhasil juga kecil, sehingga lebih banyak pasutri yang memilih bayi tabung," ujar dr. Handi. Foto: Jonatán Becerra/Unsplash.com)

(Baca juga: Benarkah Kista Menyebabkan Kemandulan?)

Dan dr. Handi mengatakan jika dilihat dari penyebab terjadinya rahim lubang tuba tertutup bisa dilihat tanda-tandanya. Yaitu, misalnya jika sumbatan lubang tuba tertutup disebabkan oleh karena infeksi panggul, maka tanda-tandanya bisa nyeri di daerah bawah perut dan sakit jika bersenggama. 

"Jika sumbatan lubang tertutup terjadi akibat endometriosis, maka haidnya akan terasa sakit (nyeri sewaktu haid). Namun, tanda sumbatnya sendiri itu tidak ada, hanya Anda jadi sulit hamil saja. Biasanya sumbatan lubang tertutup bisa dideteksi pada pemeriksaan infertilitas," papar dr. Handi.






(TIN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id