Maksimalkan Kecerdasan Si Kecil saat Liburan
(Foto: Philosophy)
Jakarta: Momen liburan, yang sebentar lagi usai, adalah salah satu momen yang tepat untuk memaksimalkan kemampuan eksplorasi si kecil.

"Liburan adalah momen penting dan baru untuk si kecil karena ada pembelajaran baru yang membuatnya berkembang di masa depan," ujar Brand Manager Dancow Advanced Excelnutri+ Nestle Indonesia, Alvin Wiradarma, dalam temu media, Kamis, 12 Juli 2018.

Ia mencontohkan, saat anak diajak ke beberapa destinasi wisata, seperti museum atau pantai, pengetahuan yang didapat pun makin beragam.


"Misalnya, di pantai anak belajar membuat istana pasir. Mereka mengenal bentuk pasir yang halus dan bisa berkreasi membentuknya," tambah Alvin.

Contoh lain, umumnya orang tua membawa anak ke kebun binatang agar bisa melihat berbagai jenis satwa dimana anak dapat melihat langsung, bahkan berinteraksi dan tetap dalam pengawasan.

Kemudian, momen penting lainnya adalah bertemu dengan orang lain di luar lingkungan sehari-hari. Momen ini biasanya berbentuk temu keluarga besar. Anak bisa belajar bersosialisasi dengan lebih mengenal kerabat arau teman baru.

Namun, tak sedikit orang tua yang cemas ketika anak mulai bereksplorasi dengan dunia luar. Kebersihan adalah salah satu pertimbangan orang tua untuk membatasi rasa ingin tahu anak.

"Padahal, terlalu sering melarang anak dalam beraktivitas dapat dapat membatasi potensi anak, yang berdampak pada masa depan," tukas Alvin.

Oleh karena itu, ia menyarankan agar para orang tua membentengi anak dengan nutrisi yang baik, agar tak mudah terkena penyakit, stimulasi rutin, dan cinta kasih.

"Anak-anak mengalami perkembangan paling cepat pada usia awal, oleh karena itu berikan pengalaman baru sebanyak mungkin," tandasnya.





(DEV)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id