Beragamnya program diet bukanlah menjadi sebuah masalah, karena setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda dan bawaan gen yang berbeda pula. (Ilustrasi/Pexels)
Beragamnya program diet bukanlah menjadi sebuah masalah, karena setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda dan bawaan gen yang berbeda pula. (Ilustrasi/Pexels)

Apakah Diet yang Salah Dapat Pengaruhi Hormon Anda?

Rona diet
Kumara Anggita • 04 Februari 2020 13:06
Jakarta: Beragamnya program diet bukanlah menjadi sebuah masalah, karena setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda dan bawaan gen yang berbeda pula. Yang menjadi masalah adalah ketika seseorang menerapkan diet ekstrim tanpa berkonsultasi pada dokter atau ahli gizi. 
 
Menurut dr. Amanda Dianky selaku Medical Scientific PT Kalbe Farma Tbk, diet yang salah dapat mempengaruhi hormon Anda yang berbahaya bagi tubuh Anda. Misalnya, sering ditemui perempuan yang siklus menstruasinya jadi berantakan karena salah diet. 
 
“Diet yang sehat adalah yang tetap makan lima komponen makanan karbohidrat, protein hewani, nabati, sayur, buah harus tetap dimakan. Jangan ada satu golongan tertentu dihilangkan. Misalnya no karbohidrat. Itu yang bikin kacau metabolisme dan sampai akhirnya mempengaruhi siklus dari hormon,” ujarnya. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Untuk itu, dia menganjurkan Anda untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk menghindari risiko buruk terjadi pada tubuh. “Buatlah diri anda tetap terkoneksi dengan ahli gizi atau dokter,” ungkapnya. 
 
Tak hanya itu, Dokter Amanda juga menekankan agar Anda mengikuti program diet dengan alasan untuk menyehatkan tubuh. Lihatlah apa yang terjadi pada tubuh Anda ketika gaya hidup sehat telah diterapkan. 
 
“Banyak orang berpikir untuk apa diet lagi nanti naik lagi. Lalu Anda menyerah. Jangan lihat timbangan saja. Lihat progresnya. Bandingkan sebelum program dan sekarang (kesehatan). Jangan balik lagi. Karena semua kesehatan bukan hanya dari berat badan harus holistik,” jelasnya. 
 
Dengan motivasi tersebut, Anda akan mendapatkan hasil diet yang lebih optimal dan konsisten. Utamakanlah kesehatan tubuh Anda.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif