Persik mengandung nutrisi khusus yang disebut senyawa fenolik yang memiliki sifat anti-inflamasi. (Ilustrasi/Pexels)
Persik mengandung nutrisi khusus yang disebut senyawa fenolik yang memiliki sifat anti-inflamasi. (Ilustrasi/Pexels)

Penderita Diabetes Tidak Perlu Khawatir Mengonsumsi Buah

Rona diabetes
Raka Lestari • 04 Maret 2020 12:56
Jakarta: Karena buah mengandung gula, banyak penderita diabetes menganggap bahwa buah merupakan pilihan yang kurang tepat untuk mereka. Hal ini tentu membuat para penderita diabetes menjadi enggan untuk mengonsumsi buah, padahal sebenarnya mengonsumsi buah bagi penderita diabetes diperbolehkan. 
 
“Meskipun mengandung gula, buah masih aman dikonsumsi bagi penderita diabetes selama direncanakan secara tepat ke dalam diet diabetes Anda,” ujar Jackie Newgent, RDN, ahli diet terdaftar, chef, dan penulis The All-Natural Diabetes Cookbook seperti dilansir The Healthy.
 
Dan berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan jika ingin mengonsumsi buah-buah bagi penderita diabetes: 

Buah dapat melawan inflamasi

Persik, plum, dan nektarin mengandung nutrisi khusus yang disebut senyawa fenolik yang memiliki sifat anti-inflamasi. Penelitian menunjukkan bahwa senyawa-senyawa ini bergerak melalui aliran darah dan kemudian ke sel-sel lemak Anda, di mana mereka mempengaruhi gen dan protein yang berbeda untuk menjadi lebih baik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Salah satu studi, yang diterbitkan pada tahun 2016 di British Journal of Medicine, menunjukkan bahwa fenol yang berasal dari anggur merah dan acai berry dapat membantu mengurangi peradangan.

Buah dapat mencegah diabetes tipe 2

Flavonoid adalah nutrisi yang ditemukan dalam makanan nabati, terutama di berbagai jenis buah. Sebuah tinjauan studi yang diterbitkan pada tahun 2018 dalam jurnal Medicine menemukan bahwa senyawa ini dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2, mungkin karena nutrisi ini meningkatkan sensitivitas insulin. 
 
Studi kesehatan di Harvard juga menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi lebih banyak antosianin lebih kecil kemungkinannya untuk menderita diabetes tipe 2. 

Buah dapat menurunkan berat badan

Mengonsumsi buah dan sayuran merupakan ide bagus untuk melangsingkan tubuh. Sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2015 di PLoS Medicine menemukan bahwa buah, khususnya beri, apel, dan pir lebih bagus daripada sayuran untuk menurunkan berat badan. Dan jika Anda memilih di antara buah-buahan, pilih apel, beri dan pir karena mengandung indeks glikemik yang rendah. 

Buah dapat meningkatkan kesehatan

Bersama dengan sayuran, buah melindungi terhadap penyakit jantung, stroke, dan kanker lambung dan usus besar. "Saya sering merekomendasikan untuk memilih buah yang mengandung rasa manis sehat untuk makanan atau untuk dijadikan sebagai makanan penutup," kata Newgent.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif