Herpes zoster yang terjadi pada wajah Anda tidak selalu memengaruhi mata Anda, tetapi akan selalu ada kemungkinan. Sekitar 10 – 20 persen kasus herpes zoster akan muncul di sekitar mata. (Ilustrasi/Pexels)
Herpes zoster yang terjadi pada wajah Anda tidak selalu memengaruhi mata Anda, tetapi akan selalu ada kemungkinan. Sekitar 10 – 20 persen kasus herpes zoster akan muncul di sekitar mata. (Ilustrasi/Pexels)

Herpes pada Mata Bisa Menyebabkan Kebutaan

Rona herpes
Raka Lestari • 14 Agustus 2020 13:20
Jakarta: Herpes zoster adalah ruam yang menyakitkan yang disebabkan oleh aktifnya kembali virus varicella-zoster, virus yang sama yang menyebabkan cacar air. Meskipun ruam herpes zoster paling sering muncul di  pinggang, tetapi mungkin juga bisa terkena pada mata.
 
Herpes zoster yang terjadi pada mata disebut dengan herpes zoster ophthalmicus (HZO). Penelitian terbaru dari University of Michigan Kellogg Eye Center menemukan bahwa kejadian HZO meningkat tiga kali lipat dalam tahun 2004 – 2016. Mereka juga menemukan bahwa HZO paling umum terjadi pada seseorang yang berusia di atas 75 tahun.
 
Herpes zoster yang terjadi pada wajah Anda tidak selalu memengaruhi mata Anda, tetapi akan selalu ada kemungkinan. Sekitar 10 – 20 persen kasus herpes zoster akan muncul di sekitar mata. Jika Anda memiliki herpes zoster di mata, Randall McLaughlin, OD, profesor oftalmologi di The Ohio State University College of Medicine, mengatakan ruam yang menyakitkan dan melepuh dapat muncul pada dahi, lipatan mata, dan ujung hidung.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Anda harus sangat memerhatikan ruam yang terjadi pada ujung hidung karena ini bisa menjadi tanda bahwa mata Anda juga akan terkena,” ujar McLaughlin. “Selain itu, Anda mungkin melihat perubahan pada penglihatan normal Anda, seperti mengalami penglihatan yang kabur,” terangnya.
 
"Ketika Anda memiliki herpes zoster di mata, saraf kornea menjadi meradang, dan ketika sudah sembuh akan meninggalkan bekas jaringan parut,” kata McLaughlin. Hal ini dapat menurunkan ketajaman penglihatan dan tidak bisa dikoreksi dengan kacamata.
 
Dalam beberapa kasus, transplantasi kornea mungkin diperlukan. Dan kebutaan atau kehilanan kemampuang penglihatan sepenuhnya bisa terjadi, meskpun ini merupakan komplikasi yang jarang terjadi. Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk memulai perawatan lebih awal untuk menghindari kemungkinan masalah permanen ini.
 
McLaughlin mengatakan komplikasi bervariasi pada setiap individu, dan tidak semua orang akan mengalaminya. Semakin cepat Anda mencari pertolongan medis dan memulai pengobatan, semakin kecil kemungkinan Anda mengalami komplikasi.
 
Cara pencegahan yang paling utama adalah dengan menjaga agar infeksi herpes zoster tidak terjadi. McLaughlin mengatakan vaksin herpes zoster dapat secara signifikan mengurangi risiko terkena herpes zoster. Dia sangat merekomendasikannya untuk orang yang berusia di atas 50 tahun.
 

 
(YDH)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif