Manfaat Biji Bunga Matahari
Satu porsi biji bunga matahari mengandung 14 gram lemak dengan campuran lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda. (Foto: Wesual Click/Unsplash.com)
Jakarta: Beberapa jenis biji-bijian seperti chia dan flax, saat ini menjadi pusat perhatian bagi para pecinta makanan sehat. Selain keduanya, biji bunga matahari juga sebenarnya tidak kalah bermanfaat bagi kesehatan dibandingkan biji-bijian lainnya. 

Selain itu, biji bunga matahari juga merupakan jenis biji-bijian yang bisa dengan mudah Anda temui di sekitar lingkungan rumah. 

Biji bunga matahari kaya akan nutrisi. Satu porsi biji bunga matahari yang dikupas biasanya berukuran sekitar satu ons, yaitu sekitar 1/4 cangkir atau 4 sendok makan. 


Biji bunga matahari sangat tinggi lemak sehat. Satu porsi biji bunga matahari mengandung 14 gram lemak dengan campuran lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda. 

(Baca juga: Manfaat Mengonsumsi Minyak Biji Bunga Matahari)

"Lemak mono dan polyunsaturated pada biji bunga matahari menunjukkan manfaat kesehatan yang jelas, terutama yang berkaitan dengan kesehatan jantung dan risiko penyakit kardiovaskular," kata ahli diet terdaftar Alissa Rumsey.


(Biji bunga matahari kaya akan nutrisi. Satu porsi biji bunga matahari yang dikupas biasanya berukuran sekitar satu ons, yaitu sekitar 1/4 cangkir atau 4 sendok makan. Foto: Wesual Click/Unsplash.com)

Satu porsi biji bunga matahari juga mengandung sekitar 6 gram protein dan 2,5 gram serat. "Lemak, serat dan protein memainkan peran penting dalam perasaan kenyang, sehingga Anda tidak lebih cepat merasa lapar," kata Rumsey. 

Biji bunga matahari juga mengandung vitamin dan mineral, termasuk vitamin E, folat, fosfor, selenium, mangan, tembaga, B6 dan seng. 

Biji bunga matahari juga merupakan sumber magnesium. "Magnesium dapat menurunkan tekanan darah, meningkatkan kontrol gula darah dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular," kata Brian St Pierre, ahli diet terdaftar di Amerika. 

"Ini juga merupakan komponen penting dari tulang dan membantu mengatur fungsi dan kontraksi saraf dan otot."

Anda bisa mengonsumsi biji bunga matahari secara mentah atau yang sudah dikeringkan. Namun menurut Maxine Yeung, seorang ahli nutrisi menyebutkan bahwa cara terbaik untuk mengonsumsi biji bunga matahari adalah yang tidak diberikan garam tambahan, atau yang paling sedikit proses pemasakannya. 






(TIN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id