Pentingnya Konseling Pola Makan Bagi Bumil Obesitas

Sri Yanti Nainggolan 25 September 2018 11:05 WIB
kehamilan
Pentingnya Konseling Pola Makan Bagi Bumil Obesitas
(Foto: Livestrong)
Jakarta: Sebuah penelitian menunjukkan bahwa konseling nutrisi yang memadai dapat membantu wanita hamil untuk membatasi berat badan mereka dengan aman selama kehamilan. 

Studi dari Fakultas Kedokteran Northwestern tersebut menemukan bahwa bumil obesitas mengalami penurunan berat banyak sebanyak 2,5 kilogram setelah melahirkan dibandingkan mereka yang berada dalam kondisi normal dan memiliki bayi dengan berat badan normal. 

Pendekatan yang dilakukan termasuk melakukan konseling nutrisi pada pola makan dan gaya hidup yang sehat. Panduan untuk bumil kelebihan berat badan tersebut didukung oleh aplikasi ponsel pintar yang tersedia secara komersial sekarang melalui telepon dan online. 


"Kita perlu membantu para bumil ini untuk mendapatkan kesempatan untuk selama kehamilan, mengadopsi pola makan dan gaya hidup yang lebih sehat selama kehamilan, dan semoga pasca melahirkan," ujar peneliti studi Linda Van Horn seperti dilansir dari The Health Site.

Ia menambahkan, penggunaan teknologi modern juga membantu bumil untuk mencapai tujuan tersebut. 

Menurut para ahli, bumil kegemukan dan obesitas cenderung memiliki berat badan yang berlebihan selama keghamilan, dibandingkan demuan bumil berberat badan normal. Beberapa masalah yang dapat muncul akibat hal tersebut adalah diabetes gestasional, preeklampsia, hipertensi, dan lahir cacat pada bayi. 

Studi tersebut dipublikasikan di American Journal of Preventive Medicine.

Lihat video:






(DEV)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id