Dampak Negatif Gula bagi Ingatan Manusia
(Foto: Food Navigator)
Jakarta: Selain dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, terlalu banyak mengonsumsi gula juga berdampak buruk bagi ingatan. Dr Eudene Harry, direktur medis untuk Oasis Wellness and and Rejuvenation Center mengatakan bahwa mengonsumsi makanan manis secara berlebihan dapat mengurangi efisiensi otak dalam membentuk ingatan baru. 

"Studi menunjukkan bahwa konsumsi gula berlebihan dapat memengaruhi kemampuan untuk mempelajari informasi baru," kata Dr Harry seperti dikutip Elite Daily. 

Mengonsumsi gula secara berlebihan dalam jangka waktu cukup lama dapat membuat bagian otak Anda mengecil, termasuk hippocampus, yang bertanggung jawab untuk memori jangka pendek. 


Namun, ada perbedaan antara gula alami yang terdapat pada buah dan gula yang terdapat pada makanan penutup seperti kue. 

"Satu jeruk, dua buah plum, dan 16 stroberi memiliki kandungan gula setara dengan satu kaleng soda, tetapi soda tak memiliki kandungan serat dan nutrisi yang bermanfaat," jelas Dr Harry.

Gula pada buah juga memiliki manfaat kesehatan. Tinjauan penelitian yang diterbitkan medical journal BMJ menunjukkan bagaimana konsumsi buah yang teratur terutama blueberry, anggur, apel dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2. 

Tetapi, minum jus buah tidak memiliki manfaat kesehatan yang sama dengan mengonsumsi buah secara langsung. 

Lihat video:






(DEV)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id