Kemampuan Koordinasi yang Baik Tingkatkan Prestasi Akademik Anak

Sri Yanti Nainggolan 12 Juli 2018 17:51 WIB
tumbuh kembang anak
Kemampuan Koordinasi yang Baik Tingkatkan Prestasi Akademik Anak
(Foto: Wisegeek)
Jakarta: Sebuah penelitian menemukan bahwa anak dengan kemampuan koordinasi mata dan tangan yang baik cenderung memiliki nilai lebih tinggi dalam membaca, menulis, dan matematika.

Penelitian yang dipublikasi dalam jurnal Psychological Science tersebut menyimpulkan bahwa sekolah dalam memberikan dukungan ektra pada anak yang mudah canggung.

"Studi ini mengidentifikasi hubungan penting antara kemampuan seorang anak untuk berinteraksi secara fisik dengan lingkungan dan perkembangan kognitif mereka, keterampilan yang dibutuhkan oleh anak untuk memikirkan dan memahami dunia di sekitar mereka," ujar penulis Mark Mon-Williams, Profesor di Universitas Leeds di Inggris.


Para peneliti memeriksa lebih dari 300 anak berusia 4-11 tahun, yang diminta melakukan tugas-tugas komputer untuk mengukur koordinasi mereka dan waktu menangkap, serta kemampuan mereka untuk berinteraksi dengan objek yang bergerak. Tugas yang dirancang untuk mengukur koordinasi mata ke tangan melibatkan kemudi, membidik, dan melacak objek di layar komputer.

Dalam tugas ‘waktu menangkap', anak-anak harus memukul objek bergerak dengan tambahan kelelawar di layar. Tugas tersebut memanfaatkan kemampuan kognitif mendasar, tentang bagaimana otak memprediksi pergerakan objek melalui ruang dan waktu.

Para peneliti mengungkapkan bahwa keterampilan tersebut kemungkinan telah memberikan landasan evolusi untuk munculnya kemampuan kognitif yang berkaitan dengan matematika.

Setelah memperhitungkan usia, para peneliti menemukan bahwa anak-anak yang melakukan lebih baik pada tugas koordinasi mata ke tangan cenderung memiliki pencapaian akademik yang lebih tinggi dalam membaca, menulis dan matematika.

Mereka yang memiliki kinerja terbaik di 'tugas kemudi' khususnya, rata-rata sembilan bulan lebih maju daripada teman sebayanya.

"Hasilnya menunjukkan bahwa koordinasi mata ke tangan dan waktu menangkap adalah prediktor kuat tentang seberapa baik anak-anak muda akan berprestasi di sekolah," kata Mon-Williams.





(DEV)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id